0%
logo header
Sabtu, 08 Januari 2022 16:19

Dikunjungi Menteri Pertanian, Bupati Iksan Iskandar: Harapan Baru Bagi Kita Masyarakat Jeneponto

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mendampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, berjalan menyusuri sawah milik warga saat berkunjung ke Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sabtu (08/01/2022).
Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mendampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, berjalan menyusuri sawah milik warga saat berkunjung ke Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sabtu (08/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JENEPONTO — Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, menerima kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Butta Turatea, sabtu (08/01/2022).

Kunjungan awal tahun Menteri Pertanian ini disebut memberikan harapan baru bagi Pemerintah Kabupaten Jeneponto dan masyarakat. Diketahui bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mendorong agar produktivitas sektor pertanian terus meningkat. Salah satu upaya dari Kementerian Pertanian (Kementan) adalah menjalankan program Irigasi Perpipaan.

Terkait hal tersebut, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertaniam (PSP) akan merealisasikan irigasi perpipaan untuk Kelompok Agronative Farm di Kabupeten Jeneponto. 

Baca Juga : Buka LK II Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea, Iksan Iskandar: Ini Adalah Wadah Pemimpin Masa Depan

Berkat program tersebut, produksi dan daya saing kelompok yang bergerak dibidang Hortikultura itupun meningkat tajam. Hal ini lantaran pasokan air dapat terpenuhi dengan baik.

Mentan SYL juga menyampaikan bahwa air merupakan kebutuhan mutlak untuk sektor pertanian. Tanpa air, mustahil Pertanian akan berkembang dengan baik dan optimal.

“Air itu salah satu faktor penting bagi pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan ini merupakan program strategis untuk mengaliri lahan persawahan milik petani agar tak terganggu,” ujar Mentan SYL di sela-sela kunjungan Lokasi Penanaman Jagung di Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Puji ‘Jurus Sakti’ Capaian Vaksinasi Pemkab Jeneponto

Lahan Pertanian di Jeneponto sangat luas untuk dikelola dan dikembangkan. “Kementan akan hadir memberikan solusi agar Petani Jeneponto dapat meningkat kesejahteraannya, mereka tidak boleh miskin lagi. Kami membawa beberapa pejabat diantaranya Sekjen Kasdi Subagyono, Dirjen Orasarana dan Sarana Pertanian Ali jamil, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Kepala Litbang Adjri Jufri, Direktur Pukpes Muh. Hatta, beberapa pejabat Kementerian pertanian, ini menjadi salah satu bukti perhatian dan konsentrasi kami untuk pengembangan sektor Pertanian di Jeneponto,” kata Syahrul Yasin Limpo, yang merupakan mantan Gubernur Sulsel Dua Periode ini.

Bupati Iksan Iskandar menyampaiakan apresiasi kepada Mentan SYL atas perhatian besarnya terhadap peningkatan produktivitas Pertanian kita dan kesejateraan petani di Jeneponto.

“Pak Mentan telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Jeneponto khususnya sektor Pertanian. Sejak beliau menjadi Menteri, sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Jeneponto dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” tutup Iksan.

Baca Juga : Banyak Perkampungan di Jeneponto Belum Teraliri Listrik, Ini Kata Bupati Iksan Iskandar

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, Dandim 1425 Jeneponto Gustiawan Ferdianto, Plh. Sekda H. Muhammad Basir, Kadis Pertanian Ahmad, Kadis PUPR Arifin Nur, Kadis Perdagangan dan Industri Manrancai, Kasatpol-PP Nasuhan, Kadis Lingkungan Hidup Basuki Baharuddin, Camat Binamu Emil Ilyas Mattewakang dan beberapa pejabat lingkup Pemkab Jeneponto.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998