0%
logo header
Minggu, 10 September 2023 10:43

Disambut Secara Adat, Pj Gubernur Bahtiar Minta Dukungan Pemda dan Masyarakat Bone Jalankan Tugas

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, bersama Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, berjalan memasuki Rumah Jabatan Bupati Bone, Sabtu (09/09/2023). (Istimewa)
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, bersama Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, berjalan memasuki Rumah Jabatan Bupati Bone, Sabtu (09/09/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BONE — Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Pj Ketua TP-PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bone, Sabtu (09/09/2023). Kunjungan ini adalah kunjungan ke daerah pertama sejak menjabat.

Di Rumah Jabatan Bupati Bone, Pj Gubernur Bahtiar diberi songkok Bugis Songkok Recca, dijemput dengan Lellung pemayungan payung emas milik kerajaan Bone, diiringi tarian Alusu. Tari ini sebagai simbol dari sikap lemah lembut dan kesucian dalam menerima tamu mulia yang berkunjung ke Kerajaan Bone.

Mereka berjalan di atas karpet merah. Di pertengahan jalan, dipersilahkan menginjak Tana Menroja dan kendi kemudian kembali berjalan ke dalam rumah jabatan.

Baca Juga : Bahas Perkembangan Pengawasan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Sulsel Temui Pj Gubernur

Kedatangannya, selain bertemu dengan kepala daerah dan Forkopimda juga dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta Ketua KPU Bone. Beberapa hal disampaikan Bahtiar terutama tugasnya sebagai Pejabat Gubernur sementara, bersamaan bertugas sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri.

“Alhamdulillah, saya diberikan amanah untuk memimpin Sulsel tanggal 5 September ini sebagai Penjabat Gubernur,” kata Bahtiar.

Kabupaten Bone tidak asing baginya karena merupakan tempat kelahirannya dan menempuh pendidikan tingkat menengah. Ia pun bercerita pengalamannya tinggal di Bumi Arung Palakka ini yang merupakan tanah kelahirannya.

Baca Juga : Bunda PAUD Sulsel Ninuk Triyanti Zudan Apresiasi Layanan Ruang Tumbuh Kembang Anak RSKD Dadi

“Saya orang Bone, rumahku di Bone Tellu (Kecamatan Tanete Riattang). Saya sering bolak balik Jakarta dan sepanjang tahun selalu (ke Bone),” sebutnya.

Walaupun sebagai Penjabat Gubernur yang memiliki wilayah pemerintahan se-Sulsel termasuk Bone, karena orang asli maka ia harus bersilaturahmi dengan Bupati Bone dan jajaran.

“Nah, sebagai status baru sebagai Penjabat Sulsel harus tabe-tabe (permisi) dulu sama yang punya kampung, jadi menghadap dulu ke Pak Bupati dan Danrem (Forkopimda) yang punya wilayah, beliau yang mengerti wilayah ini,” ujarnya.

Baca Juga : Sulawesi Memimpin Integrasi Geospasial, Memulai Revolusi dengan Target Peta Skala 1:5000 Tahun Depan

Sekaligus melakukan komunikasi sinergi dengan pemerintah daerah. Membahas apa yang akan dilakukan setahun ke depan. Termasuk terkait pelaksanaan pemilu dan pilkada, stunting, ketahanan pangan dan El-Nino dan pembangunan serta pelayanan publik harus jalan.

“Dan itu semua baru bisa jalan, na ku massedi tau Bone dukung ka’, Puang tabe (jika orang Bone bersatu mendukung, permisi Tuan). Tidak ada jalan lain, kalau orang-orang Bone, pemerintah dan masyarakatnya dukung saya. Bismillahirrahmanirrahim yang orang anggap berat, Insya Allah bisa kita kerjakan,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle yang mewakili Bupati Bone yang sedang tugas dinas menyampaikan sambutan penerimaan.

Baca Juga : Buka Rakor Penyelenggaraan Informasi Geospasial Regional Sulawesi, Ini yang Disampaikan Prof Zudan

“Hari ini masyarakat Bone berbahagia karena Bapak Gubernur dan Ibu kembali ke kampung halaman, dan daerah yang pertama dikunjungi adalah tanah kelahirannya Bone, kunjungan beliau akan membawa berkah bukan hanya Sulsel tetapi terkhusus Bone,” tandasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646