0%
logo header
Rabu, 20 Maret 2024 17:54

Dispar Kukar Hidupkan Kembali Seni Pertunjukan Lokal di Tenggarong

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma mengatakan komitmennya merevitalisasi seni pertunjukan di Kukar. (dok. Kontributor)
Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma mengatakan komitmennya merevitalisasi seni pertunjukan di Kukar. (dok. Kontributor)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) berenana menghidupkan kembali seni pertunjukan di kawasan cagar budaya di Jalan Diponegoro, Tenggarong. Langkah ini dipilih karena sejak dahulu wadah tersebut berdenyut dengan kreativitas seniman lokal yang memenuhi panggung ekspresi.

“Ini adalah langkah yang diambil untuk memberikan ruang bagi seniman-seniman daerah agar dapat mengekspresikan kreativitas mereka,” ujar Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma pada Rabu (20/03/2024).

Itu Sebab, Dispar Kukar sedang berupaya keras untuk membangkitkan dan mengembangkan seni pertunjukan di Kukar. Dan inisiatif ini disambut dengan hangat oleh komunitas seni, para seniman diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Kami mengundang para seniman untuk memanfaatkan kawasan cagar budaya sebagai tempat untuk pertunjukan mereka,” tuturnya.

Dirinya pun mengakui potensi besar yang dimiliki oleh para seniman dan budayawan di Kukar. Khususnya di Kecamatan Tenggarong, banyak sekolah telah turut serta dalam menampilkan bakat-bakat mereka di kawasan cagar budaya tersebut.

“Ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain yang belum memiliki kegiatan ekstrakurikuler seni dan budaya untuk mulai mengadakannya,” tambah Triyatma.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Kata dia, pertunjukan seni dan budaya di kawasan cagar budaya tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat tetapi juga berdampak positif dengan mendongkrak perekonomian lokal. Acara ini juga menjadi platform promosi bagi kelompok seni dan budaya yang terlibat.

“Dengan seni pertunjukan ini, kami tidak hanya mempromosikan kekayaan seni dan budaya Kukar, tetapi juga menciptakan identitas daerah yang kuat serta meningkatkan pendapatan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” tandas Triyatma, menekankan manfaat ganda dari inisiatif ini. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646