0%
logo header
Kamis, 25 Januari 2024 15:49

Dongkrak Pencetakan Surat PBB P-2, Pemkab Gowa Pacu Potensi PAD Rp26,4 Miliar

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi PJ Sekda Gowa Abd. Karim Dania dan Kepala Bapenda Gowa Indra Wahyudi Yusuf saat meninjau proses pencetakan surat PBB P-2, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi PJ Sekda Gowa Abd. Karim Dania dan Kepala Bapenda Gowa Indra Wahyudi Yusuf saat meninjau proses pencetakan surat PBB P-2, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya menggenjot peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui pencetakan Surat Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P-2) secara massal.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pencetakan massal ini dilakukan sebagai tanggungjawab dari Bapenda untuk terus menggali potensi-potensi pendapatan daerah khususnya di sektor PBB.

“Hari ini kita melakukan pencetakan massal PBB P-2 tiada lain untuk menjaga seluruh potensi-potensi pendapatan asli daerah. Kinerja Bapenda sudah sangat baik, namun kita terus menuntut untuk bisa menghasilkan pendapatan asli daerah yang tentunya menuju pada kemandirian suatu daerah,” katanya, di sela-sela memantau proses pencetakan Surat PBB P-2, di Kantor Bapenda Kabupaten Gowa, kemarin.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Adnan mengaku, pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, meskipun dalam waktu dekat akan melakukan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP). Namun sebelum itu dirinya meminta seluruh SKPD memaksimalkan seluruh jenis pelayanan yang ada di kantornya salah satunya di Bapenda.

“Meskipun dalam tahun ini kita meresmikan MPP, dimana dalam MPP ini akan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada di Kabupaten Gowa. Namun sambil menunggu peresmian MPP, semua kantor-kantor yang masih memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita harapkan untuk terus menjaga pelayanan yang terbaiknya bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada,” jelasnya.

Sementara, Kepala Badan Pendapatan Daerah Indra Wahyudi Yusuf menyebutkan, pihaknya mencetak sebanyak 446.662 lembar di 2024. Hal ini pun sesuai dengan target pendapatan pada pajak PBB P-2 yakni Rp26.479.635.430.

Baca Juga : 66 Kepala Desa di Gowa Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

“Hari ini kita mencetak PBB P2 sebanyak 446.662 lembar. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan 2023 kemarin yakni sekitar 435 ribu lembar,” terangnya.

Lanjutnya, untuk nilainya juga mengalami kenaikan, dimana pada 2023 kemarin realisasinya sebesar Rp21,9 miliar dan tahun ini ditargetkan sekitar Rp26.4 miliar.

Ia berharap, dengan dilakukannya pencetakan massal ini target yang diinginkan dapat tercapai. Sehingga PAD kabupaten Gowa khususnya di sektor PBB P-2 mampu melampaui target.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646