0%
logo header
Kamis, 28 Maret 2024 12:01

DPMP-PTSP Gowa Catat Jumlah Pengunjung MPP Capai 8.000 Orang

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala DPM-PTSP Kabupaten Gowa Indra Setiawan Abbas saat ditemui di MPP Gowa, Kamis, (28/03/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Kepala DPM-PTSP Kabupaten Gowa Indra Setiawan Abbas saat ditemui di MPP Gowa, Kamis, (28/03/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Gowa menyebutkan total pengunjung yang mengakses layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Gowa sebanyak 8.000 pengunjung.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Gowa Indra Setiawan Abbas mengungkapkan, sejak beroperasinya MPP Gowa pada 26 Februari 2024 lalu hingga kini total pengunjung telah mencapai sekitar 8.000 orang.

“Data terakhir itu sekitar 8.000 an, ini kita lihat berdasarkan pengunjung yang mengambil daftar antrian,” ungkapnya ditemui di MPP Gowa, Kamis, (28/03/2024).

Baca Juga : 13 Fakultas Deklarasikan Ikatan Alumni UMI

Lanjutnya, dimana setiap harinya, pihaknya melayani sekitar 500 orang dengan pilihan pelayanan publik yang berbeda-beda.

“Sebelum Ramadan itu kita menerima sekitar 500 pengunjung, sekarang selama Ramadan hanya 400 an. Mungkin pengaruh bulan puasa juga,” terangnya.

Sementara, Indra menyebutkan, dari 147 layanan publik yang disiapkan, sekitar tiga layanan dengan permintaan pengunjung terbanyak.

Baca Juga : Pekerja Rentan di Desa Akan Dijamin Perlindungan Ketenagakerjaan

Pertama, layanan di Disdukcapil Gowa untuk permintaan perekaman hingga pengurusan E-KTP. Kedua, layanan di Imigrasi untuk permohonan paspor, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan lainnya. Ketiga, layanan di Dinas Sosial untuk pengurusan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Surat Keterangan Miskin.

“Kami tentunya akan terus mengupgrade sistem layanan yang kami siapkan agar pengunjung dapat menikmati pelayanan kami dengan baik dan nyaman,” terang Indra.

Sebelumnya, MPP Kabupaten Gowa yang berlokasi di Jalan Hos Cokro Aminoto, Sungguminasa ini menyiapkan anggaran sebesar Rp34 miliar. Anggaran ini merupakan APBD periode 2022 dan 2023.

Baca Juga : Teliti Soal Perilaku Politisi Perempuan, Desy Ratnasari Jadikan DPRD Sulsel Sebagai Lokus Penelitian Doktornya

Sementara dari 147 layanan yang disiapkan terdiri dari 12 instansi pemerintah daerah, 8 BUMN dan BUMD, serta 9 instansi vertikal seperti Pengadilan Negara, Pengadilan Agama, Samsat, Kemenag, Perpajakan, Polres, Kejaksaan, BPN, dan Imigrasi.

MPP ini juga menyediakan klinik UMKM yang menjadi ruangan bimbingan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Gowa.

“Pemerintah daerah juga akan menggandeng sejumlah platform seperti Go-Jek, Grab, Shopee, dan lainnya untuk merambah sistem pembayaran digital,” kata Indra.

Baca Juga : The 3rd Mayor Meeting for Eastern Indonesia di Makassar Bahas Implementasi KTR

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir melakukan Soft Opening MPP Gowa ini mengatakan, MPP tersebut akan memberikan layanan yang lengkap dan prima untuk masyarakat.

Keberadaan MPP Gowa ini pun diharapkan bukan hanya bagus dalam bentuk bangunan fisik saja, tetapi juga harus berkolerasi dengan layanan yang disiapkan para petugas.

“Kita harapkan petugas layanan harus selalu baik, etikanya bagus, agar masyarakat nyaman dan merasakan pelayanan yang baik. Ini harus menjadi komitmen bersama,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646