0%
logo header
Kamis, 04 Juli 2024 15:24

Edi Damansyah: Posyandu Edelweis Jadi Simbol Komitmen Kukar Perangi Stunting

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, melakukan foto bersama. (Istimewa)
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, melakukan foto bersama. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus menunjukkan komitmennya dalam memerangi stunting. Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya Posyandu Edelweis di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, pada Kamis (04/07/2024) oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

Posyandu Edelweis diharapkan dapat memberikan akses yang nyaman bagi keluarga di Jembayan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan gizi bagi anak-anak mereka. Edi Damansyah pun menetapkan Desa Jembayan sebagai desa percontohan dalam penanganan intervensi stunting.

“Penanganan stunting ini adalah komitmen kita bersama. Program ini terus kami prioritaskan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Edi Damansyah.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Berdasarkan data, terdapat 92 anak di Desa Jembayan yang masuk dalam kategori stunting. Untuk itu, dalam dua bulan terakhir telah dilakukan intervensi berupa pemberian makanan tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak.

Edi menegaskan bahwa program ini tidak akan optimal tanpa peran aktif orang tua. Ia mengimbau para orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke posyandu secara rutin dan memperhatikan kesehatan anak di rumah.

“Saya minta kesadaran dan kerjasama dari semua orang tua. Ini sangat penting, karena kita tidak ingin anak-anak di Kukar mengalami gangguan perkembangan dan pertumbuhan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka di masa depan,” harapnya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Pemerintah Kukar berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di wilayahnya. Dengan sinergi antara pemerintah, kader posyandu, dan orang tua, diharapkan target penurunan stunting dapat tercapai. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646