0%
logo header
Kamis, 06 Juni 2024 13:44

Faisal Andi Sapada di Mata IKA Unhas Parepare

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Faisal Andi Sapada di Mata IKA Unhas Parepare

REPUBIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Kota Parepare berduka atas wafatnya Ketua Dewan Pembina IKA Unhas Parepare, Achmad Faisal Andi Sapada.

Mantan Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018 itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 66 tahun, Rabu (5/6/2024), di RS Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, setelah menjalani perawatan karena sakit.

Ketua IKA Unhas Parepare, Taqyuddin Djabbar (TQ) mengatakan, dalam struktur kepengurusan IKA Unhas Parepare yang dipimpinnya, almarhum Faisal Andi Sapada menjadi salah satu dewan pembina.

Baca Juga : Posko Induk HSL Special Force Diresmikan, Siap Menangkan Tasming Hamid di Pilkada Parepare

Pertimbangan ditunjuknya Raja Addatuang Sidenreng ke-25 itu sebagai dewan pembina IKA Unhas Parepare, kata TQ, selain karena keseniorannya sebagai alumni Unhas, juga karena sosoknya sebagai pamong yang memiliki pengalaman panjang. “Sehingga tepatlah kalau beliau menjadi ketua dewan pembina IKA Unhas Parepare,” katanya.

Faisal Andi Sapada, kata TQ lagi, menjadi dewan pembina IKA Unhas Parepare juga terkait harapan IKA Unhas Parepare agar bisa berkolaborasi terhadap kemajuan masyarakatnya.

“Tentu IKA Unhas Parepare terpanggil saat itu. Karena Unhas sebagai parameter kualitas intelektual di Indonesia Timur, termasuk saat kita mengukur SDM manusia Indonesia Timur, barometernya adalah Unhas. Seperti halnya bicara intelektualitas Indonesia Timur, barometernya adalah Unhas,” kata alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas ini.

Baca Juga : Taqyuddin Djabbar: Kontes untuk Asah Kapasitas dan Menjaga Standar Kualitas

Faisal Andi Sapada, menurut TQ, dinilai sebagai teman sekaligus sahabat diskusi yang baik, yang berdedikasi dan berwawasan. Hal yang selalu menjadi bahan diskusi setiap bertemu almarhum, jelas TQ, tidak lepas kaitannya dengan sumber daya dan potensi-potensi yang dibutuhkan Parepare, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus mengelolanya.

Meski sudut pandang kadang berbeda ketika terlibat diskusi, almarhum Andi Faisal melihat Parepare pada perspektif tata kelola pemerintahan, sedangkan dirinya dengan perspektif tata kelola ekonomi. Namun, kata TQ, di akhir diskusi, ia dan almarhum Faisal Andi Sapada selalu bersepakat jika Parepare harus dikelola oleh SDM yang memiliki kapasitas, kemampuan, dan pengalaman yang mumpuni.

“Pada dasarnya, kami memiliki kegelisahan yang sama, yang tidak bisa memasrahkan diri, membiarkan pengelolaan Parepare pada SDM yang tidak tepat. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuan membangun jejaring, karena potensi Parepare hanya pada letak strategis. Maka harus dikelola SDM yang tepat,” katanya.

Baca Juga : Bacalon Walikota Parepare Tasming Hamid Ungkap Program untuk Kesejahteraan Petani

Sepeninggal Faisal Andi Sapada, tambah TQ, dirinya optimis akan lahir generasi Faisal Andi Sapada yang lain, yang bisa mewujudkan apa yang selama ini dicita-citakan almarhum, yang ingin melihat Parepare maju, dan dikelola dengan baik. “Bersama beliau (Andi Faisal), kami selalu bicara tentang bagaimana agar masyarakat Parepare bisa hidup makmur dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara Sekretaris IKA Unhas Parepare, Hasniati Saad mengaku, wafatnya sosok Faisal Andi Sapada yang akrab disapa Puang Ical tersebut, menjadi kehilangan besar bagi seluruh alumni Unhas, khususnya di Parepare.

“IKA Unhas Parepare kehilangan figur yang selama ini menjadi panutan. Almarhum tak sebatas alumni, tapi juga orang tua bagi kami,” katanya.

Baca Juga : Razia Ketat di Rutan Pinrang: Zero Handphone dan Narkoba di Kamar Hunian

Saat pembentukan IKA Unhas Parepare, kata Hasniati Saad, sosok almarhum yang juga mantan Kadis Pekerjaan Umum Daerah (sekarang PUPR, red) Parepare tersebut, sangat antusias. “Beliau menyambut antusias terbentuknya IKA Unhas Parepare,” jelasnya.

Bahkan, kata Hasniati Saad, saat itu almarhum Puang Ical bersedia duduk sebagai dewan pembina dalam kepengurusan, yang turut hadir saat pelantikan dan pengukuhan IKA Unhas Parepare pada Agustus 2023 lalu.(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646