0%
logo header
Rabu, 21 Agustus 2019 17:53

FKG Unhas Gelar Workshop Systematic Review dan Meta-Analysis

(FOTO: Ist)
(FOTO: Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Publikasi karya tulis ilmiah menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari seorang dosen atau ilmuan. Salah satu jenis karya tulis ilmiah dibidang kesehatan maupun sosial yang berada pada tingkat tertinggi dalam hierarchy evident-based adalah systematic review dan meta-analysis.

Menyadari pentingnya jenis karya tulis ilmiah dalam bentuk systematic review dan meta Analysis dan untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen dan mahasiswa, Dekan Fakultas kedokteran Gigi Unhas
drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp. BM(K) menghadirkan lima orang peneliti muda (Ph.D Candidate) yang sementara menuntut Ilmu Doktoral di Negeri Kincir Angin Belanda dan Taiwan, yakni dr. Faqi Nurdiansyah Hendra, dr. Diandra Sabrina Natsir Kalla, drg. Rifaat Nurrahma, Sp.Pros., Hasanuddin, dan drg. A. St. Hajrah Yusuf.

Kegiatan workshop diadakan selama dua hari (17-18 Agustus 2019), diikuti oleh 58 orang peserta, dan bertempat di Ruang Pertemuan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

Kegiatan dihadiri oleh Mahasiswa dan Dosen lintas Fakultas di Universits Hasanuddin, diantaranya dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, bahkan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D Sp.BM.(K), menaruh harapan sekiranya para peserta untuk serius mengikuti program dengan sebaik-baiknya mengingat manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti kegiatan ini.

Kegitan workshop memberikan pelatihan menulis systematic review dan meta-analysis secara akurat dengan metode dan pendekatan yang betul-betul aplicable.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

“Memang, systematic review bukan hal yang baru dikalangan dosen dan mahasiswa, namun kesalahan dalam hal metode, pendekatan, alur dan penulisan laporan systematic review dan meta-analysis masih banyak ditemui,” ujar drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D Sp.BM.(K).

Harapannya setelah kegiatan, para peserta bisa menghasilkan karya tulis berupa systematic review dan meta-analysis yang bisa dipublikasikan pada jurnal-jurnal bereputasi Internasional.

Pada kegiatan workshop, para peserta selain diberikan bekal metode dan tahapan penulisan systematic review, peserta juga diajarkan langsung penggunaan beberapa software seperi Reverence Manager dan Mendeley yang bisa digunakan untuk membantu dan memudahkan analisa meta data dan pengelolaan referensi yang digunakan.

Baca Juga : Jokowi Dijadwalkan Hadiri Peringatan HPN di Sultra, LLKS PMII Sultra Bakal Suarakan Masalah Lingkungan

Kegiatan ditutup dengan Focuss Group Discussion (FGD) dengan fokus membahas dan mendiskusikan konten tulisan dari para peserta dengan menggunakan guideline yang sudah terstandarisasi. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan bahkan dia akhir kegiatan, beberapa peserta meminta untuk bisa dilakukan kegiatan workshop lanjutan. (Ahmad)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998
Baca Juga