0%
logo header
Senin, 03 Juni 2024 13:11

Forkopimda Selayar Kompak Dorong Peningkatan Ekonomi Melalui Wisata Kuliner Laut

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Forkopimda Selayar Kompak Dorong Peningkatan Ekonomi Melalui Wisata Kuliner Laut

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR – Dandim 1415 Selayar, Kajari Selayar, Ketua Pengadilan Negeri Selayar serta Pinca BRI Selayar mendukung berbagai inisiatif Pemerintah dan Swasta dalam sektor pariwisata dan ekonomi lokal. Mendorong untuk memanfaatkan sumber daya laut melalui wisata kuliner bisa menjadi langkah strategis dalam mengembangkan perekonomian daerah, khususnya bagi wilayah pesisir yang kaya akan hasil laut di kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam liburan Peringatan Hari Pancasila, Dandim 1415 Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kajari Kepulauan Selayar Hendra Syarbaini dan Ketua Pengadilan Negeri Selayar Darma Wibowo Muhammad serta Pinca BRI Selayar sepakat memberikan dukungan peningkatan ekonomi lokal yang ada di Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (01/06/2024).

Dandim Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo mengatakan dengan mengembangkan wisata kuliner berbasis hasil laut, dapat memberikan peluang ekonomi bagi nelayan, pedagang, dan pelaku usaha kuliner lokal.

Baca Juga : Oknum Penipu Teror Kepala Desa, Caplok Jabatan Kasi Intel Kejari Selayar

“Kekayaan laut Selayar mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya seperti membuka objek wisata kuliner hasil laut dengan membuka warung makan terapung diatas keramba,” ucapnya.

Lain halnya yang dikatakan oleh Kajari Selayar, Hendra Syarbaini lebih mengarahkan ke promosi budaya lokal wisata kuliner dapat memperkenalkan kekayaan budaya kuliner setempat kepada wisatawan, baik domestik maupun internasional.

“kuliner hasil laut khas Selayar mesti dimunculkan tidak usah ikut dengan olahan kuliner daerah lain. Olahan kuliner khas Selayar juga enak-enak apalagi semuanya segar-segat,” kayanya.

Baca Juga : Kejari Selayar Sita Aset Tanah Kepala Desa Lamantu

Lebih lanjut Kajari Selayar mengatakan bahwa jika dikelola dengan baik, wisata kuliner dapat mendorong praktik perikanan berkelanjutan yang memastikan keberlanjutan sumber daya laut. Kuliner khas berbasis hasil laut dapat menjadi daya tarik tambahan bagi destinasi wisata, meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Kesepakatan itu juga, Ketua Pengadilan Negeri Selayar Darmo Wibowo Muhammad mengatakan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan beberapa langkah untuk diwujudkan seperti memberikan pelatihan kepada nelayan dan pelaku usaha kuliner tentang cara memanfaatkan hasil laut dengan baik dan membuat hidangan yang menarik.

“Selain memberi pelatihan nelayan dan lelaku kuliner juga harus memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan wisata kuliner berbasis laut,” ungkapannya.

Baca Juga : Bupati Selayar Basli Ali Apresiasi Dharma Bakti Satgas TMMD 120 Membangun Desa Bonea Timur

Dalam mewujudkannya harus ada kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, komunitas nelayan, dan pelaku usaha kuliner dalam pengembangan konsep wisata kuliner ini. Dengan dukungan dari sektor perbankan melalui permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jelas Pinca BRI Kepulauan Selayar, Dwi Putra Apriyanto.

Inisiatif seperti ini tidak hanya berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar yang akan memperkuat identitas budaya dan kuliner Indonesia di mata dunia. (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646