0%
logo header
Senin, 04 Maret 2024 15:27

Forum Konsultasi Publik: Parepare Menggali Aspirasi Menuju Rencana Pembangunan 2025

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Forum Konsultasi Publik: Parepare Menggali Aspirasi Menuju Rencana Pembangunan 2025

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, secara resmi membuka Forum Konsultasi Publik untuk Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Parepare 2025 pada Senin (4/3/2024).

Forum Konsultasi Publik ini, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Sekretaris Daerah Parepare Muh Husni Syam, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Parepare (Bappeda) Zulkarnaen Nasrun, serta jajaran Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, dan perwakilan dari berbagai instansi terkait lainnya, termasuk para Direktur Rumah Sakit dan Rektor Institut Teknologi dan Kesehatan (ITH) di Parepare.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Akbar Ali menyatakan harapannya agar forum ini dapat memberikan masukan yang berarti dari masyarakat, sehingga rencana yang dibuat benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak.

Baca Juga : Momen Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, Lapas IIA Parepare Gelar Kerja Bakti

“Berikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan, ide, dan gagasan mereka melalui perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK). Jika tidak dapat melalui LPMK, bisa melalui Lurah, Camat, atau secara langsung kepada saya,” ujar Akbar Ali.

Tak hanya itu, Akbar Ali juga mengajak seluruh perguruan tinggi di Parepare untuk terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah. Ia berharap agar perguruan tinggi dapat menghasilkan rekomendasi yang berharga bagi Pemerintah Kota.

“Kami tidak ingin hasilnya hanya sekadar salinan dari sebelumnya. Hal ini akan menghambat kemajuan dan efektivitas program-program pembangunan. Program yang dirancang haruslah berkualitas agar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” tegas Akbar Ali.

Baca Juga : Bola Datana Kampong KB Watang Bacukiki Parepare Raih Juara I Apresiasi Rumah Dataku Tingkat Provinsi Sulsel

Sementara itu, Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun menjelaskan bahwa forum ini merupakan bagian integral dari proses perencanaan pembangunan untuk menampung aspirasi publik terhadap Rancangan Awal (Ranwal) RKPD 2025.

“Dengan tema ‘Penguatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Inklusif Serta Peningkatan Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya Saing,’ tujuan dari Forum Konsultasi Publik ini adalah untuk mengumpulkan aspirasi dan masukan dari semua pihak terkait guna menyempurnakan dokumen Ranwal RKPD 2025,” ungkap Zulkarnaen. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646