0%
logo header
Minggu, 28 Januari 2024 08:48

Gandeng Duta Lingkungan Indonesia, Dispora Makassar Libatkan Ratusan Relawan Gelar Aksi Bersih-bersih ‘Appattasa’

Rizal
Editor : Rizal
Para relawan yang terlibat dalam aksi giat bakti sosial 'Appattasa' yang digelar Dispora Kota Makassar di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)
Para relawan yang terlibat dalam aksi giat bakti sosial 'Appattasa' yang digelar Dispora Kota Makassar di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar menggandeng Duta Pemuda Dispora Makassar dan Duta Lingkungan Indonesia serta ratusan relawan berkolaborasi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah menggelar aksi giat bakti sosial ‘Appattasa‘.

Kegiatan ini dipusatkan di sekitaran dermaga Pelabuhan Paotere serta di Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sabtu (27/1/2024).

Kawasan pesisir tersebut memang mengalami penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan. Terlebih lagi, penumpukan tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberikan dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli lingkungan termasuk masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 ton sampah berhasil diangkat oleh ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ‘Appattasa‘ tersebut.

“Volume sampah di bawah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil kita angkat kurang lebih 18 ton. Selain sampah kiriman dari kapal nelayan yang terkadang buang sampah di laut yang akhirnya masuk ke daratan ditambah juga warga yang sebagian besar masih belum memiliki kesadaran akan kebersihan,” kata Camat Ujung Tanah, Amanda Syahwaldi.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

Di tempat yang sama, Plt Kadispora Kota Makassar, Andi Engka Bau Djemma mengaku bangga dengan semangat dan apa yang telah dilakukan oleh para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Duta Lingkungan Indonesia serta ratusan relawan yang berkolaborasi dengan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah.

“Inti dari aktualisasi diri pemuda adalah ketika kita memulai tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi juga memikirkan orang lain dan lingkungan,” tutur Andi Engka.

Sementara itu, dua perwakilan Duta Lingkungan Indonesia yang hadir, masing-masing Andi Putri S Tenrisukki dan Alvonso Zamorano mengaku bangga bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Mereka pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi semua orang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kedepannya pemerintah daerah harus terus berkolaborasi dengan masyarakat untuk membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan demi kebaikan bersama,” ujar Andi Putri S Tenrisukki yang merupakan 1st Runner Up Duta Lingkungan Indonesia 2023.

“Kegiatan yang kita lakukan ini semoga bermanfaat dan akan terus berlanjut kedepannya. Saya senang karena masyarakat disini juga ramah dan punya inisiatif untuk ikut bersama-sama membersihkan lingkungannya,” tambah Alvonso Zamorano. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646