0%
logo header
Kamis, 11 November 2021 19:41

GataRI Kuatkan Pilar UMKM

Falihin
Editor : Falihin
Burhanuddin Saputu, S.Pd., M.Si
Burhanuddin Saputu, S.Pd., M.Si

Oleh: Burhanuddin Saputu, S.Pd., M.Si (Ketua Umum GataRI)

REPUBLIKNEWS.CO.ID – Organisasi GataRI (Ganjar Kita for RI 1) telah menyatakan dukungannya pada sosok Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2024. Konsolidasi di beberapa wilayah di Indonesia telah dilakukan, seperti Jakarta Raya, Botabek, Bandung Raya, Aceh, Lampung, NTB, Sultra, Sulteng, Sulbar, dan Sulsel.

GataRI punya alasan menguatkan Ganjar. Selain sebagai figur, ia juga ada di titik tengah dalam faksionalisme perpolitikan di Indonesia. Sosok energik ini juga memiliki banyak kesamaan dengan Presiden Jokowi terutama terkait pola kepemimpinan.

Baca Juga : Kadis Pendidikan Buteng Ajak Semua Pihak Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Selain itu figurisasi Ganjar juga dipandang oleh banyak kalangan akan bisa mengukir kemenangan kemenangan PDIP untuk kedua kali di Pilpres dan Pemilu Legislatif 2024. Ganjar juga dianggap dapat mengefektifkan pembangunan yang telah kelar dan dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis Presiden Jokowi. Dan di bawah kendali Ganjar Indonesia akan semakin dekat dan setara dengan negara-negara maju.

Bagi GataRI, Indonesia maju, mesti ditopang oleh perekonomian nasional harus kuat. Yang bakal menopang kemakmuran dan kesejahteraan rakyat seperti tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Menciptakan kemakmuran, artinya negara harus mengerti modalitas dirinya dan mengerti apa yang diperlukan rakyatnya.

Sektor usaha kecil, menengah & mikro adalah bisnis yang sangat dekat dengan potensi sumber daya alam kita dan rakyat Indonesia. Bila potensi alam dan rakyat terkelola dengan baik, niscaya kebutuhan pangan, akses kesehatan, serta pendidikan dapat terpenuhi dengan baik. Disinilah pentingnya kehadiran negara lewat sektor riil oleh pemerintahan baru nanti.

Baca Juga : Hadiri Penamatan TK Sekecamatan Mawasangka, Ini Pesan Ketua TP-PKK Buteng

Pertanyaan mendasar adalah bagaimana pengelolaan usaha kecil, menengah & mikro sehingga menjadi pilar ekonomi nasional? Tentu bukan hal mudah, karena selama ini banyak digerus atau dikapitalisasi oleh kaum pemodal/kaum kapitalis. Juga oleh adanya birokrasi terutama perizinan, termasuk akses modal dan bahan baku yang masih jadi pekerjaan rumah.

Padahal pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia hampir 2 tahun mengajarkan, bisnis yang dikelola kaum kapitalis, ambruk oleh terjangan wabah Corona. Sebaliknya bisnis sektor riil skala UMKM dapat bertahan.

Karena itu organisasi pendukung Ganjar Pranowo bernama GataRI, Ganjar Kita for RI 1 akan menitikberatkan perhatiannya pada penanganan atau pengelolaan kebangkitan ekonomi nasional lewat usaha kecil, menengah & mikro supaya menjadi prioritas program pemerintahan baru yang akan terbentuk melalui pemilihan umum tahun 2024. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646