0%
logo header
Selasa, 19 Maret 2024 19:25

Gerakan Pangan Murah Digelar di Kukar, Jaga Stabilitas Harga Selama Ramadan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, melakukan kunjungan di salah satu Stand Pangan Murah, Tenggarong, Selasa (19/03/2023). (Istimewa)
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, melakukan kunjungan di salah satu Stand Pangan Murah, Tenggarong, Selasa (19/03/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Gerakan Pangan Murah untuk Masyarakat di Taman Eks Pemukiman Tanjong, Tenggarong, Selasa (19/03/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 2024.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Kukar Ahyani Fadianur yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, Gerakan Pangan Murah merupakan Program Nasional sebagai langkah nyata dalam memberikan akses kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas, murah dan terjangkau dari harga pasar.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Kegiatan ini merupakan strategi membangun kekuatan ekonomi masyarakat menghadapi dampak akibat krisis. Maka dilaksanakan Gerakan Pangan Murah dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok sekaligus menstabilkan harga di tengah masyarakat,” ujar Ahyani membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Gerakan Pangan Murah ini diikuti oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, kelompok tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar, Bulog, dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai komoditi yang disediakan, antara lain kebutuhan pokok, sayuran, buah-buahan, aneka minuman, dan bibit tanaman.

Ahyani menambahkan, Gerakan Pangan Murah ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang langsung mendapatkan bahan pangan murah, tetapi juga bagi mereka yang ingin berbagi kepada “Keroan Diansanak” (para saudara/handai taulan) yang kekurangan.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Dengan kegiatan ini, ada rupiah yang dapat disisihkan untuk memberikan bantuan kepada Keroan Diansanak selain berupa bahan pangan. Hal ini karena Urang Kutai itu senang Betulungan, sehingga menjadi rakat dan akhirnya berkah Ramadhan dan Hari Kemenangan diraih oleh segala Keroan Diansanak dari segala kalangan dan lapisan masyarakat,” harapnya.

Diharapkan ke depan, gerakan ini menjadi langkah strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah melalui pengembangan potensi pertanian lokal.

“Selama ini kita berkolaborasi dengan Bulog, namun kedepannya kami harapkan gerakan ini berkolaborasi langsung dengan petani, sehingga beras petani kita terserap langsung oleh kegiatan ini,” kata Ahyani.

Baca Juga : Bupati Kukar Resmikan Jembatan Desa Sedulang, Muluskan Akses Masyarakat dan Tingkatkan Kesejahteraan

Pemkab Kukar mengapresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Gerakan Pangan Murah ini.

Hadir pada acara tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, jajaran Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sutikno beserta jajarannya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Camat Tenggarong, Lurah Se Kecamatan Tenggarong, serta seluruh distributor/pedagang yang terlibat. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646