0%
logo header
Selasa, 27 Desember 2022 09:36

Golkar Sulsel Siapkan Cara Jitu Seleksi Bacaleg Berkualitas, Tak Terima Caleg Titipan

Rizal
Editor : Rizal
Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan mulai memanaskan mesin jelang pesta demokrasi pada 2024 mendatang. Khususnya pada persiapan untuk bertarung di ajang pemilihan legislatif.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe mengaku partai berlambang pohon beringin rindang itu mulai mempersiapkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mengisi kursi di parlemen nantinya. Tak sembarangan, ia mengaku telah menyiapkan cara dan formula jitu untuk menyeleksi bacaleg berkualitas.

“Mereka para bacaleg nantinya akan dilakukan fit and proper test. Nanti kami bentuk tim,” kata Taufan Pawe, Senin (26/12/2022) kemarin.

Baca Juga : Gelar Seminar Nasional Arbitrase, Fakultas Hukum Unhas Siap Bermitra dengan BANI

TP, akronim panggilan akrabnya pun mematok target khusus di Pileg 2024 mendatang. Walikota Parepare dua periode itu optimis mampu mengantarkan Partai Golkar berjaya di Sulsel kelak.

“Target kita untuk DPR RI itu merebut dua kursi atau lebih di tiap daerah pemilihan atau dapil. Ini juga demi mencapai target yang dipatok pengurus pusat,” ujar Taufan Pawe.

“Target kami 10 kursi (untuk DPR RI), kalau pun capaiannya hanya 7 kursi untuk ke Senayan itu sudah dapat memenuhi target yang diharapkan DPP Partai Golkar. Partai Golkar Sulsel akan menurunkan para caleg potensial di setiap dapil nantinya. Intinya, DPD I Golkar Sulsel siap menghadapi tahun pemilu ini,” tambahnya.

Baca Juga : 70 Warga Binaan Penyalahgunaan Narkotika Rutan Makassar Ikut Program Rehabilitasi Medis

Sementara itu, kata Taufan Pawe, untuk caleg ditingkatan DPRD provinsi, kabupaten dan kota di Sulsel, pihaknya menargetkan perolehan suara lebih dari peroleh suara Partai Golkar pada Pemilu 2019 lalu.

“Perolehan kursi di tiap tingkatan kabupaten kota harus lebih demikian juga dengan DPRD provinsi. Kita harus melampaui hasil pemilu yang lalu,” tegas Taufan Pawe.

Dirinya juga menegaskan bahwa apabila ada ketua DPD II di kabupaten kota yang memiliki keinginan untuk maju menjadi calon pimpinan kepala daerah yang diusung Partai Golkar, maka ia harus memperoleh satu fraksi di DPRD setempat.

Baca Juga : Event Beautiful Malino Berhasil Masuk KEN Kemenparekraf 2023

“Bagi ketua DPD II Partai Golkar yang berkeinginan maju sebagai kepala daerah, mereka harus membawa partai ini menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di kabupaten kotanya masing-masing,” ujar Taufan Pawe.

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan bahwa DPD I Partai Golkar Sulsel sama sekali tak mengakomodir caleg titipan.

“Tidak ada itu caleg titipan, mereka harus kader partai dan ditunjang dengan finansial. Dalam artian, pada umumnya para caleg ini punya tim pemenangan yang sudah dipastikan butuh biaya besar untuk menyosialisasikan dirinya sebagai caleg,” demikian Taufan Pawe. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646