0%
logo header
Senin, 17 Januari 2022 09:38

Ini Tanggapan Kapolri Atas Dugaan Suap Kapolrestabes Medan

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Seperti diketahui, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, membantah terlibat dalam kasus suap Narkoba.

Kasus tersebut melibatkan mantan anak buahnya dan seorang warga, yang sempat ditangkap karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba. Riko juga membantah terkait aliran dana suap sebesar Rp 75 juta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi tanggapan terkait kasus dugaan suap sebesar Rp 300 juta yang menyeret nama Kapolrestabes Medan.

Baca Juga : Viral video Pria Ancam Patahkan Leher Wali Kota Medan, Akhirnya Ditangkap Polisi

“Yang jelas kalau kaitannya dengan pelanggaran, anggota saya tidak pernah berubah. Kita komit, semuanya akan kita cek, kita periksa,” ujarnya, dikutip dari YouTube Kompas TV, Minggu (16/01/2022) kemarin.

Listyo Sigit menegaskan, jika memang sejumlah pejabat Polrestabes Medan terbukti menerima suap, maka akan diproses secara hukum.

Informasi soal dugaan suap sebesar Rp300 juta dari istri bandar narkoba kepada anggota di Polrestabes Medan ini membuat heboh dan jadi perhatian publik. Kabar ini terkuak dalam persidangan kasus kepemilikan narkoba anggota Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan itu.

Baca Juga : Viral video Pria Ancam Patahkan Leher Wali Kota Medan, Akhirnya Ditangkap Polisi

Dalam Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Medan, Anggota Kepolisian di Polrestabes Medan disebut menerima uang suap sebesar Rp300 juta dari istri bandar Narkoba. Uang itu juga diduga dibagi-bagikan ke Kasat Narkoba Polrestabes Medan sebesar Rp150 juta, hingga Kanit Narkoba Polrestabes Medan Rp40 juta.

Selain itu, Kapolrestabes Medan Komisaris Besar Polisi Riko Sunarko juga disebut-sebut dalam persidangan.

Riko disebut menggunakan sisa uang suap Rp75 juta untuk membeli hadiah berupa motor yang diberikan kepada seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI.

Baca Juga : Viral video Pria Ancam Patahkan Leher Wali Kota Medan, Akhirnya Ditangkap Polisi

Sebelumnya, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo juga sudah bicara terkait kabar ini. Dia mengaku sudah memerintahkan Kepala Biro Pengamanan Internal Propam untuk mengecek langsung ke Propam Polda Sumatera Utara.

Dia menegaskan tak akan pandang bulu dalam menindak anggota yang terlibat pelanggaran. (77)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646