0%
logo header
Sabtu, 16 Desember 2023 20:13

IOH Dorong Pemerataan Literasi Digital ke Kelompok Disabilitas

Chaerani
Editor : Chaerani
Indosat Ooredoo Hutchison kembali menyelenggarakan IDCamp Virtual Bootcamp for Disabilities 2023. Tujuannya, untuk memberikan hak yang sama dalam literasi dan akses digital kepada kelompok penyandang disabilitas. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
Indosat Ooredoo Hutchison kembali menyelenggarakan IDCamp Virtual Bootcamp for Disabilities 2023. Tujuannya, untuk memberikan hak yang sama dalam literasi dan akses digital kepada kelompok penyandang disabilitas. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berkomitmen mendukung aksesibilitas dan inklusi literasi digital secara merata di Indonesia.

Dimana hal tersebut dilakukan dengan kembali menyelenggarakan IDCamp Virtual Bootcamp for Disabilities 2023. Pelatihan yang dilakukan secara daring ini diperuntukkan bagi para developer berkebutuhan khusus, agar mendapatkan hak yang sama dalam literasi dan akses digital.

Program kelima kalinya tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengungkapkan, Lewat IDCamp Virtual Bootcamp for Dissabilities, pihaknya berupaya menghadirkan solusi bagi penyandang disabilitas yang kerap menghadapi tantangan dalam mengikuti program pembelajaran.

“Inisiatif ini diharapkan dapat menggali potensi lebih dalam serta membuka pintu peluang dari saudara-saudara penyandang disabilitas,” katanya dalam keterangannya, kemarin.

Lanjutnya, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk menghilangkan kesenjangan digital bagi seluruh masyarkat Indonesia. Hal ini adalah bagian dari tujuan besar untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya turut bangga dapat ambil bagian dari program yang bermanfaat ini.

“Proses pembelajaran ini adalah salah satu kunci, yang dapat digunakan untuk memperluas kesempatan dalam mengembangkan ekosistem transformasi digital yang lebih inklusif bagi penyandang disabilitas Indonesia,” katanya.

Melalui program ini seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat agar memiliki kesempatan berkarir di bidang teknologi dan masa depan yang semakin baik.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

Adam Kharis salah satu peserta asal Kabupaten Bandung mengaku, program ini banyak memberikan pengalaman baru dan pengetahuan bermanfaat dari para mentor yang ahli di bidangnya.

“Ilmu yang saya dapatkan tentunya memberikan dampak positif terutama untuk generasi muda seperti saya. Ini menjadi peluang bagi saya agar mendapatkan kesempatan berkarya yang sama di industri teknologi, serta mengeksplorasi potensi diri secara spesifik di bidang coding,” ungkapnya.

Indosat Digital Camp (IDCamp) kembali bekerjasama dengan Dicoding, Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia, dengan mengusung tema “AI Foundations: Bridging the Programming Gap”. Selain itu, juga membuka kesempatan bagi 38 penerima beasiswa berkebutuhan khusus untuk belajar coding secara online.

Baca Juga : Di Forum SKPD 2024, Ari Ashari Ilham Tegaskan Komitmen DPRD Dukung Pariwisata di Makassar

Hingga 2022, lebih dari 182 ribu peserta, termasuk 2.200 peserta difabel, telah menerima manfaat.

Tak hanya itu, IDCamp juga meluncurkan IDCamp Challenge: Transformasi Inklusivitas Indonesia. Program ini adalah rangkaian dari beasiswa IDCamp 2023, yang memberikan tantangan kepada seluruh talenta digital penerima beasiswa IDCamp 2023.

Hal ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam menciptakan sistem informasi yang inklusif dan dapat membantu penyandang disabilitas Indonesia. Program ini berlangsung mulai dari 8 Desember 2023 hingga 15 Februari 2024. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi [email protected].

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646