Jaga Hubungan dengan Masyarakat, Pemkab Soppeng Gelar Pesta Adat ‘Pattaungeng’

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Pesta Adat Pattaungeng digelar di Kampung Lompoe, Kelurahan Tettikenrarae, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Selasa (05/10/2021).

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng DR. Karim. S.Pd.M.Pd mengemukakan bahwa secara Etimologi, Pattaungeng berasal dari kata Taung/Tahun.

Pattaungeng adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun dengan dasar pelaksanaannya adalah inisiatif masyarakat yang merupakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang didalam DIPA tahun 2021.

“Ini terlaksana berkat kerjasama masyarakat dan Pemerintah untuk memelihara,menjaga hubungan dan melestarikan tradisi serta adat istiadat sebagai bentuk menjaga kebudayaan dan kearifan lokal,” ungkap DR. Karim.

Sementara, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide yang hadir oada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Marioriwawo atas kerjasamanya sehingga Kasus Covid-19 di Kabupaten Soppeng berada pada zona Hijau sehingga program Vaksinasi harus didorong bersama.

“Saya gembira, ditengah kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi pada era modernisasi masih ada masyarakat yang tetap peduli untuk mempertahankan dan melestarikan seni budaya tradisional,” kata Lutfi Halide. (Yusuf)

  • Bagikan