0%
logo header
Senin, 12 Maret 2018 16:18

Jamu Mahasiswa Jepang, Deng Ical Perkenalkan Budaya Makassar

Jamu Mahasiswa Jepang, Deng Ical Perkenalkan Budaya Makassar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal (Deng Ical) menjamu rombongan mahasiswa Universitas KEIO Jepang, di Rujab Wakil Wali Kota Makassar, Jl Letjend Hertasning, Senin (11/03/2018).

Kedatangan mahasiswa jepang yang berjumlah 20 orang itu dalam rangka studi lapangan mata kuliah Special Research Project On Multi-Ethnic Society In Indonesia.

Dosen Universitas KEIO Jepang, Yo Nonaka mengaku, selama berada di Makassar ia akan melakukan beberapa penelitian terkait kondisi kehidupan dan budaya masyarakat Makassar, juga agama, pendidikan, wisata dan cara interaksi anak muda Makassar.

Baca Juga : Deng Ical Dipanggil Khusus JK di Kediaman Pribadi, Ini Instruksinya

“Sebelum ke Makassar kita sudah ke Jakarta dan Serang. Kami memilih Makassar karena kami ingin mengetahui kondisi kehidupan masyarakat di Kota Makassar,” ucapnya

Sementara itu, Deng Ical mengaku merasa senang dan bangga dengan kedatangan rombongan mahasiswa jepang yang akan melakukan penelitian di Kota Makassar.

“Selamat datang di Makassar, daerah yang dikenal dengan masyarakatnya yang sombere dan humble,” kata Deng Ical.

Baca Juga : Maju Caleg DPR RI, Deng Ical Perkenalkan Dokter Koboi Sebagai Ketua Tim di Hadapan Relawan

Ia menambahkan, setiap kali ada tamu yang datang ke Makassar pasti kami akan memberikan pelayanan yang maksimal.

“Bagi orang Makassar tamu itu pembawa rezeki dan manfaat bagi kemajuan Kota Makassar. Oleh karena itu, apabila ada tamu yang datang tentu kami akan perlakukan seperti layaknya raja,” ujarnya.

Bahkan, ia mengaku jika kota Makassar bisa maju dan berkembang dengan pesat, itu tidak terlepas dari kontribusi para pendatang dari luar Makassar maupun dari luar negeri.

Baca Juga : Nelayan di Galesong Utara Berharap Deng Ical Terpilih Untuk Perjuangkan Aspirasi

Di Makassar, kata dia, sangat mayoritas dengan kepercayaan agama islam, apalagi budaya orang Makassar itu di kenal saling menghargai dan itu sesuai dengan ajaran agama islam.

Namun dibalik itu juga, masyarakat Makassar juga di kenal keras apabila ada tamu yang melanggar aturan adat istiadat orang bugis Makassar.

“Di Makassar itu banyak agama dan suku tetapi masyarakatnya sangat toleran, hal itu yang menjadi penyebab sehingga masyarakat Makassar sangat di terima apabila merantau ke kampung orang,” ungkpanya.

Baca Juga : Lewati Hutan yang Gelap, Deng Ical Tetap Hadiri Temu Sibat di Gowa

Diahkir pertemuan, Deng Ical mengajak rombongan mahasiswa Jepang untuk berkeliling melihat spermonde dengan menggunakan kapal Phinisi.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646