0%
logo header
Jumat, 04 Oktober 2024 15:49

Jasa Raharja Sultra dan Pemda Konut Bersinergi Tingkatkan Kepatuhan Pajak Kendaraan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Jasa Raharja Sultra dan Pemda Konut Bersinergi Tingkatkan Kepatuhan Pajak Kendaraan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KENDARI — Untuk meningkatkan tingkat kepatuhan pembayaran pajak di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara, Abdillah, melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Penjabat (Pj.) Bupati Konawe Utara, La Ode Syaifudin.

Hasil dari koordinasi ini ditindaklanjuti dengan kunjungan bersama ke Kantor Samsat Konawe Utara pada Kamis (3/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Jasa Raharja Sultra dan Pj. Bupati Konut memantau langsung pelayanan di Samsat Konut.

Abdillah mengungkapkan, tingkat kepatuhan masyarakat Sulawesi Tenggara dalam membayar pajak kendaraan bermotor hanya mencapai 31,59%. Di Konawe Utara, persentasenya lebih rendah, yaitu hanya 15,39%.

Baca Juga : Stimulus Pajak: Jasa Raharja Sultra dan Hotel Claro Berikan Diskon untuk Masyarakat Taat Bayar Pajak

“Kami melihat masih banyak kendaraan dinas milik Pemda Konawe Utara yang belum membayar pajak. Ini memerlukan upaya bersama antara Tim Pembina Samsat dan Pemerintah Daerah Konut,” jelas Abdillah.

Sebagai solusi, Jasa Raharja dan Pemda Konut berencana menginventarisir kendaraan dinas yang belum melunasi pajak. Pj. Bupati Konut juga akan menginstruksikan seluruh dinas untuk segera menyelesaikan kewajiban pajak kendaraan dinasnya.

Selain itu, sosialisasi mengenai kewajiban membayar pajak kendaraan akan digencarkan kepada masyarakat umum, dengan melibatkan perangkat daerah mulai dari camat, lurah, kepala desa, hingga RW dan RT.

Baca Juga : Hari Perhubungan Nasional: Jasa Raharja Sulawesi Tenggara Tegaskan Komitmen Keselamatan

Pj. Bupati Konut, La Ode Syaifudin, menyambut baik upaya Jasa Raharja dalam mendorong percepatan pembayaran pajak kendaraan bermotor, yang menjadi salah satu sumber pendapatan negara. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646