0%
logo header
Rabu, 26 Juni 2024 14:06

Jelang Pilkada 2024, Bupati Gowa Lakukan Coklit

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan coklit oleh petugas Pantarlih, di Rumah Jabatan Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan coklit oleh petugas Pantarlih, di Rumah Jabatan Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima Tim Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dari Komisi Penyelenggaraan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, di Rumah Jabatan Bupati Gowa.

Proses tersebut dilakukan langsung Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) bersama Ketua KPU Kabupaten Gowa, Fitra Syahdanul bersama jajaran dan Ketua Bawaslu Gowa, Saparuddin bersama jajaran.

Bupati Adnan mengatakan, Coklit ini merupakan salah satu tahapan penting dalam memasuki rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang jatuh pada November mendatang.

Baca Juga : 2.145 Atlet Berlaga di Pekan Olahraga NIPAH 2024, Anak-Anak Ikut Serta

“Tahapan ini untuk mencocokkan data pemilih sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti sesuai dengan hasil Coklit itu,” katanya, usai melakukan coklit, kemarin.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan, Pilkada 2024 ini merupakan Pemilihan Kepala Daerah baik Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi maupun Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota. Sehingga diharapkan pelaksanaannya berjalan dengan aman dan damai di wilayah.

“Termasuk mempertahankan pencapaian Kabupaten Gowa yang sudah tidak masuk lagi dalam zona merah,” katanya lagi.

Baca Juga : Survei Terbaru LSI Network untuk Pilkada Bone 2024, Popularitas dan Elektabilitas Yasir Machmud Tertinggi

Olehnya dirinya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa agar ikut berpartisipasi dalam gerakan coklit ini, dimana petugas pemutakhiran data akan datang secara door to door hingga 24 Juli 2024.

“Ayo sukseskan pencocokan data pemilih ini agar nantinya bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak yang jatuh pada 27 November,” ajaknya.

Sementara, Ketua KPU Gowa Fitra Syahdanul mengatakan, Coklit ini merupakan Coklit perdana yang dilakukan kepada Bupati Gowa bersama keluarga dan Wakil Bupati Gowa bersama keluarga jelang Pilkada serentak.

Baca Juga : Awasi Mutarlih, Ketua Bawaslu Sulsel Beri Penguatan Jajaran Adhock di Pinrang

Proses tersebut dilakukan oleh petugas Pantarlih KPU yang telah dilantik melalui ketua Pps-nya sebanyak 2.036 orang tersebar di 18 kecamatan.

“Coklit ini adalah pencocokan data pemilih kami cocokkan datanya sesuai dengan data yang kami dapat dari turunan Mendagri bahwa ada hak pilih disini yang dibuktikan melalui KK (kartu keluarga),” katanya.

Dirinya menyebut, saat ini jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Kabupaten Gowa sebanyak 562.088, dimana jumlah tersebut bertambah jika dibandingkan dengan DPT Pemilu yaitu 561.624 pemilih.

Baca Juga : Dilantik Kembali Jadi Ketua PMI Sulsel, Adnan: Kolaborasi untuk Kemanusiaan

Sementara jumlah TPS untuk sementara berjumlah 1.168 atau turun 965 jika dibandingkan dengan Pemilu kemarin yakni 2.133 TPS.

“TPS berkurang karena dulu saat pemilu setiap TPS maksimal 400 pemilih tapi pada Pilkada ini maksimal setiap TPS 600 orang. Sehingga saat ini estimasi jumlah TPS 1.168 meskipun jumlah ini masih bergerak sesuai dengan hasil coklit pada bulan Juli mendatang,” jelasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646