0%
logo header
Kamis, 08 Juni 2023 12:23

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Raker Kepegawaian, Menkumham Dorong Implementasi Pelayanan Publik Semakin Maksimal

Chaerani
Editor : Chaerani
Menkumham RI Yasonna Laoly saat membuka Rapat Kerja Kepegawaian, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Menkumham RI Yasonna Laoly saat membuka Rapat Kerja Kepegawaian, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak didampingi Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih ikut menghadiri Rapat Kerja Kepegawaian, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta. Pertemuan yang berlangsung sejak 7 hingga 10 Juni 2023 mendatang ini dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly.

Liberti Sitinjak mengatakan, pertemuan tersebut dilaksanakan guna saling koordinasi untuk menyamakan persepsi dan permasalahan-permasalahan terkait pengelolaan kepegawaian. Mulai dari penerimaan CPNS, urusan kepangkatan, pengembangan karir dan kompetensi, hingga terkait purna bakti.

“Dari raker ini nantinya dihasilkan data yang akurat sesuai pada Sistem Informasi Kepegawaian. Kami harapkan seluruh jajaran di lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel agar dapat mendukung dan mengimplementasikan hasil ataupun rekomendasi dari pertemuan ini,” katanya dalam keterangannya, kemarin.

Baca Juga : Kunjungan Beautiful Malino Pengaruhi Pendapatan Ekonomi Masyarakat Lokal

Sementara, Menkumham RI Yasonna Laoly saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa fokus yang harus diterapkan di Kemenkumham adalah birokrasi yang bisa menghasilkan pelayanan publik yang berdampak langsung pada masyarakat. Termasuk di dalamnya terkait digitalisasi dalam pelayanan publik.

Ia berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan cermat. Kemudian nantinya akan dirangkum sejumlah poin-poin penting untuk segera diaplikasikan dalam perbaikan sistem manajemen kepegawaian di lingkungan Kemenkumham. Dengan tujuan dampaknya untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Kemenkumham harus mampu menyikapi tantangan tugas dan dinamika sehingga kita harus dapat memahami dan mengimplementasikan secara nyata arahan Bapak Presiden seperti disampaikan Menpan-RB tadi, agar birokrasi kita semakin pasti dan berakhlak,” pesan Yasonna.

Baca Juga : Ribuan Pelari Cross Country Nikmati Pesona Alam di Kota Malino

Di tempat yang sama, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, ada tiga arahan Presiden RI Joko Widodo yang perlu menjadi perhatian, khususnya terkait reformasi birokrasi. Antara lain, birokrasi yang berdampak, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan birokrasi yang lincah dan cepat.

”Arahan Bapak Presiden RI ini telah kami terjemahkan dalam program prioritas Kemenpan-RB. Antara lain, pemangkasan proses bisnis layanan kepegawaian yang berdampak pada jutaan ASN, transformasi profesionalisme ASN berbasis digital (meliputi penyederhanaan birokrasi dan jabatan fungsional), dan penataan tenaga non-ASN (honorer), serta penguatan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ungkapnya singkat.

Adapun Kegiatan Rapat Kerja Kepegawaian ini dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Transformasi Pemutakhiran Data SIMPEG dalam Mewujudkan Kepegawaian Kemenkumham Semakin Pasti oleh Kepala Biro Kepegawaian, Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan dan Perwakilan Kepala Kantor Wilayah disaksikan oleh Sekjen Kemenkumham.

Baca Juga : Adnan dan KLA Project Berhasil Hipnotis Pengunjung Beautiful Malino

Dalam kegiatan ini pula, Kemenkumham diberikan tiga penghargaan BKN Award yang diserahkan oleh Plt Kepala BKN kepada Menkumham RI. Penghargaan tersebut adalah Penghargaan Kategori Implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN, peringkat pertama Kategori Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT, serta peringkat kelima Penghargaan Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja.

Hadir mendampingi Kakanwil Kemenkumham Sulsel antara lain, Kasubag Kepegawaian, Tata Usaha, dan Rumah Tangga Andi Rahmat, Kasubag Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Meydi Zulqadri, serta pengelola kepegawaian Abdul Naim dan Irwan Anwar.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646