0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 14:19

Kemenkumham RI Dorong BPSDM Bangun Peta Jalan Pengembangan Kompetensi SDM

Chaerani
Editor : Chaerani
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly saat memberikan sambutan pada Rakor Evaluasi Kinerja BPSDM Hukum dan HAM, di Hotel JS. Luwangsah, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly saat memberikan sambutan pada Rakor Evaluasi Kinerja BPSDM Hukum dan HAM, di Hotel JS. Luwangsah, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly menghadiri langsung Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM.

Yasonna mengatakan, BPSDM perlu melakukan evaluasi kinerja dan membangun arah ataupun peta jalan pengembangan kompetensi.

“Dalam peta jalan pembangunan ini memuat rencana secara detail dengan indikator terarah dan target tertentu guna mencapai tujuan,” katanya dalam kegiatan, di Hotel JS. Luwangsah, kemarin.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

Selanjutnya Yasonna menambahkan, dalam rapat koordinasi BPSDM ini akan didapatkan feedback peningkatan dan penilaian kompetensi pegawai, mengidentifikasikan peta kebutuhan dan penilaian kompetensi ASN, serta mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengembangkan kompetensi pegawai.

“Organisasi haruslah dinamis, adaptif, memiliki SDM yang bertalenta dan proses bisnis yang cepat. Untuk itu, pembangunan SDM merupakan titik tumpuan (pivot) utama sekaligus fondasi dalam berkompetisi dengan negara lain,” terang Yasonna

Ia menjelaskan, syarat agar SDM Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dilihat dari pembangunan SDM dan pembangunan infrastruktur harus berjalan beriringan.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Sejalan dengan ini, BPSDM Hukum dan HAM harus dapat mempercepat perbaikan kualitas SDM Kemenkumham. Sehingga SDM Kemenkumham mampu unggul dalam segala bidang dan dapat bersaing secara global.

Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh kantor wilayah atas atensinya didalam merespon program-program penilaian dan pengembangan kompetensi.

Selain itu, dirinya mengingatkan agar Rakor Evaluasi Kinerja BPSDM Hukum dan HAM memiliki peranan penting bagi Kemenkumham.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

“Ikuti setiap kegiatan dan pembahasan dengan sungguh-sungguh dan bekerja secara maksimal demi tercapainya output kegiatan guna meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan publik Kemenkumham,” terangnya.

Rapat Koordinasi BPSDM Kemenkumham ini mengangkat tema “SDM Kompeten Berakhlak Indonesia Maju”. Kegiatan ini turut diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel yakni Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih, dan Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak.

Terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengungkapkan, pihaknya akan siap dan terus mendukung program-program penilaian dan pengembangan kompetensi demi peningkatan kualitas SDM Kemenkumham.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

“Tentunya kita mendukung apa yang menjadi upaya dalam meningkatkan kualitas SDM lingkup Kemenkumham,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646