0%
logo header
Kamis, 10 Juni 2021 21:03

Kementerian PUPR Serahkan Aset 50 Rumah Khusus Nelayan ke Pemda Lutra

Kementerian PUPR Serahkan Aset 50 Rumah Khusus Nelayan ke Pemda Lutra

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MASAMBA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani secara resmi menerima aset rumah khusus nelayan dari Kementerian PUPR. Rabu (9/6/2021).

Refki Nur Prasetyo dari Direktorat Rumah Khusus, Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR menuturkan aset yang diserahkan adalah 50 unit rumah khusus nelayan di Desa Tamuku Kecamatan Bone-bone.

“Rumah khusus nelayan 50 unit di Tamuku, ini merupakan anggaran tahun 2018 dan telah selesai dikerjakan. Bahkan saat ini sudah dihuni dan dimanfaatkan oleh masyarakat sejak tahun 2019. Hanya saja secara administrasi, baru kita serah terimakan ke penerima manfaat dalam hal ini Pemerintah Daerah,” terang Refki yang ditemui usai penyerahan aset di Ruang Kerja Bupati.

Baca Juga : Tumbuh Positif, Pertumbuhan Ekonomi Gowa 2023 Capai 5,82 Persen

Untuk diketahui, total rumah nelayan di Luwu Utara saat ini sebanyak 162 unit masing-masing 56 unit rumah nelayan di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat, 56 unit di Desa Poreang Kecamatan Tanalili, dan 50 unit di Tamuku.

“Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat bersama Pemda dalam peningkatan kesejahteraan nelayan, terlebih karena Pemda menargetkan agar tidak ada lagi kawasan kumuh khususnya di sekitar pesisir. Diharapkan agar penerima manfaat ini selalu bersyukur, cara bersyukur paling baik yaitu dengan memanfaatkan, merawat, dan menjaga kebersihan bangunan agar pemanfaatannya bertahan lama. Apalagi, secara administrasi aset ini resmi dicatat milik Pemda yang artinya, masyarakat nelayan penerima manfaat wajib menjaga dan memelihara,” kata Indah.

Dengan adanya rumah khusus nelayan ini, lanjut Indah, beban pemerintah sedikit berkurang sebab nelayan yang ada di Desa Tamuku tidak perlu lagi risau memikirkan keluarga di rumah apabila hendak melaut.(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646