0%
logo header
Rabu, 19 Januari 2022 18:23

Ketua PMI Makassar Edukasi Murid SD Pentingnya Kesiapsiagaan Bencana Sejak Dini

Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical), saat memberikan edukasi kepada Murid di SD Sambung Jawa tentang Kesiapsiagaan,l Bencana Alam, Rabu (19/01/2022).
Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical), saat memberikan edukasi kepada Murid di SD Sambung Jawa tentang Kesiapsiagaan,l Bencana Alam, Rabu (19/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar mengedukasi siswa siswi SDN Kompleks Sambung Jawa tentang kesiapsiagan bencana alam, Rabu (19/01/2022).

Kegiatan ini merupakan program dari Korea Internasional Cooperation Agency (Koica for Kids) yang melibatkan 150 orang anak usia dini sebagai peserta dan menyasar beberapa sekolah dasar di Kota Makassar.

Program Koica for Kids ini adalah program edukasi anak anak usia sekolah dasar yang dilakukan dengan metode online dan offline secara menyenangkan dan interaktif.

Baca Juga : Wujud Kepedulian, Ketua PMI Makassar Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Sunu

Ketua PMI Makassar DR Syamsu Rizal Mi, mengatakan bahwa bencana itu ada di sekitar kita, maka dari itu kita mesti selalu bersiap bersiap menghadapi bencana.

Oleh karena itu, penting untuk kita semua belajar sejak dini kesiapsiagaan menghadapi bencana alam atau non alam, hal ini dikarenakan di negara kita itu rawan terjadinya bencana.

“Jadi pada dasarnya itu bencana tidak bisa dihindari tetapi bisa dikurangi akibatnya dan bisa dilakukan langkah langkah pencegahan,” kata Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar.

Baca Juga : Banyak Dikeluhkan Soal Biaya Darah, Deng Ical: Itu Bukan Harga Jualnya, Tapi Biaya Pengolahan Darah

“Untuk itu, PMI hadir disini untuk memberikan edukasi langkah langkah dan pencegahan terhadap bencana alam dan non alam. Jadi kalau paham meki semua berarti kita harus menyampaikan ilmu yang didapatkan ke orang lain,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan disinilah mengapa kita kumpul untuk belajar bagaimana kalau terjadi bencana dan juga langkah langkah yang bisa memungkinkan kita itu tidak menjadi korban dari bencana itu.

“Kalaupun kita jadi korban akibatnya tidak besar karena kita sudah siap siap. Kalau banjir adami perahu ta pintar meki juga berenang dan siapmi pelampung ta berarti kita itu sudah siap siapmi,” tutur Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Baca Juga : Silaturahim Permas, Gubernur Rencanakan Selayar Jadi Kawasan Ekonomi Khusus untuk Sektor Pariwisata

Pada kesempatan ini juga, Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal menyerahkan media edukatif ke seluruh peserta program Koica for Kids. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646