0%
logo header
Senin, 17 Januari 2022 22:07

Ketua PMI Makassar Terima 95 Orang Mahasiswi Magang Poltekkes untuk Belajar Manajemen Bencana

Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical), be4bicara di Harapan 95 Mahasiswa magang Praktik Klinik Manajemen Bencana dari Politeknik Kementerian Kesehatan, Senin (17/01/2022).
Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical), be4bicara di Harapan 95 Mahasiswa magang Praktik Klinik Manajemen Bencana dari Politeknik Kementerian Kesehatan, Senin (17/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal, menerima mahasiswi magang Praktik Klinik Manajemen Bencana dari Politeknik Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Makassar jurusan Prodi DIII Keperawatan, di Markas PMI Makasssar, Jalan Kandea, Senin (17/01/2022).

Praktik klinik ini diikuti sebanyak 95 orang dan terbagi dua gelombang yaitu gelombang pertama berjumlah 47 orang dan gelombang kedua berjumlah 48 orang. Ini akan berlangsung selama dua pekan.

Program praktik klinik keperawatan manajemen bencana ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan asuhan keperawatan pada situasi bencana baik pada fase pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana.

Baca Juga : Wujud Kepedulian, Ketua PMI Makassar Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Sunu

Dihadapan puluhan mahasiswa, Ketua PMI Makassar DR Syamsu Rizal MI, menyampaikan apresiasi karena telah menjadikan PMI Makassar sebagai salah satu tempat magang praktik manajemen bencana.

“Saya berharap adik adik semua ini bisa menjadi kader kader kemanusiaan yang mengambil peran ditempatnya masing masing dengan baik dan maksimal,” kata Deng Ical sapaan akrabnya.

Dia juga meminta adik adik untuk menyebarkan pengetahuan di PMI Makassar.

Baca Juga : Banyak Dikeluhkan Soal Biaya Darah, Deng Ical: Itu Bukan Harga Jualnya, Tapi Biaya Pengolahan Darah

“Karena kami disini adalah orang orang yang belum punya kemampuan yang maksimal, sehingga adanya adik adik ini membuat teman teman disini bisa saling bertukar fikiran atau sharing resource,” tuturnya.

“Sekali lagi selamat datang adik adik teman mahasiswi poltekkes kemenkes Makassar. Semoga kita semua bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Makassar, Sukma Saini S.Kep berharap dengan adanya kegiatan praktik klinik ini mahasiswi bisa mendapatkan pengalaman nyata di PMI Makassar.

Baca Juga : Silaturahim Permas, Gubernur Rencanakan Selayar Jadi Kawasan Ekonomi Khusus untuk Sektor Pariwisata

Apalagi ini pertama kalinya mahasiswi turun ke lapangan, karena selama ini mereka hanya bergelut dikampus dan mendapatkan gambaran manajemen bencana dan kesiap siagaan dalam menghadapi kondisi bencana.

Oleh karena itu, dengan adanya praktik klinik ini diharapkan mereka bisa menguasai konsep dasar manajemen bencana dan melakukan penanganan korban di lapangan.

“Sehingga ketika mereka sudah kembali ke keluarga masing masing, dan minimal ke masyarakat itu bisa mensharing ilmu manajemen bencana yang didapatkan itu selama magang di PMI,” tuturnya.

Baca Juga : Gelar Halal Bi Halal, Ketua PMI Makassar: Untuk Mempererat Tali Silaturahim dan Kebersamaan

Ia juga berharap kedepannya kerjasama antara PMI Makassar dan Poltekkes Kemenkes Makassar ini bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan sehingga hal ini bisa menjadi praktik utama mahasiswa kita di jurusan manajemen bencana. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646