0%
logo header
Jumat, 28 Juni 2024 15:52

KKPD Dukung UMKM Lokal, Membangun Ekonomi Daerah

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Asisten III Sekretariat Daerah Kukar Dafip Haryanto, hadiri launching KKPD. (Istimewa)
Asisten III Sekretariat Daerah Kukar Dafip Haryanto, hadiri launching KKPD. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyambut gembira peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) oleh Pemprov Kaltim. KKPD ini diharapkan dapat mempercepat proses pembayaran belanja kecil perjalanan dinas dan makan minum di UMKM, seperti disampaikan Asisten III Sekretariat Daerah Kukar Dafip Haryanto.

“KKPD ini sejalan dengan inisiatif Pemkab Kukar sejak 2023 untuk memberikan solusi terhadap belanja kecil perjalanan dinas dan juga untuk belanja makan minum pada UMKM di Kukar,” ujar Dafip, Jumat (28/06/2024).

Menurut Dafip, KKPD merupakan bagian dari upaya elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di Kaltim.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Ini akan diberlakukan secepatnya, di mana SK pemegang KKPD setiap perangkat daerah sudah ada. Ini untuk memudahkan percepatan perputaran perekonomian, jadi belanja makan minum misalnya bisa dilakukan kas melalui KKPD ini,” jelasnya.

Pembayaran melalui KKPD diharapkan dapat meminimalisir penggunaan uang tunai, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah. Selain itu, KKPD juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Kukar, karena pembayaran makan minum di UMKM dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

“Tujuan KKPD adalah untuk meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, serta mendorong pertumbuhan UMKM,” katanya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Diharapkan KKPD dapat menjadi solusi efektif untuk mempercepat proses pembayaran belanja kecil di Pemprov Kaltim dan mendorong pertumbuhan UMKM di Kaltim. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646