0%
logo header
Rabu, 08 November 2023 19:51

Konsisten Kembangkan Fitur Unggulan, IDE by Indosat Business Mudahkan Ribuan Pengusaha dan UMKM

Chaerani
Editor : Chaerani
Ide by Indosat Business dalam memudahkan pelaku UMKM hingga pengusaha di Indonesia telah memberikan manfaat kepada 30 ribu pengguna platformnya di seluruh Indonesia. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
Ide by Indosat Business dalam memudahkan pelaku UMKM hingga pengusaha di Indonesia telah memberikan manfaat kepada 30 ribu pengguna platformnya di seluruh Indonesia. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Upaya Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat Business dalam memudahkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga pengusaha di Indonesia telah memberikan manfaat kepada 30 ribu pengguna platformnya di seluruh Indonesia.

Memasuki satu tahun perjalanannya, inisiatif Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengembangkan ekosistem digital untuk UMKM lewat IDE by Indosat Business terus bergulir. Hal ini disebabkan dari komitmen IDE by Indosat Business yang secara konsisten mengembangkan fitur-fitur praktis. Mulai dari angsuran hingga menambah modul, serta materi pembelajaran yang bisa dinikmati bagi para penggunanya.

‚ÄúPengembangan ekosistem digital ini merupakan implementasi komitmen IOH terhadap pemberdayaan masyarakat Indonesia. Lewat IDE by Indosat Business, kami dapat memberikan dukungan layanan edukasi dan data insight dalam one-stop-solutions digital ecosystem,” terang Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah dalam keterangannya, Rabu, (08/11/2023).

Baca Juga : Rutan Masamba Dorong Penguatan Imtaq Warga Binaan

Lewat IDE by Indosat Business pihaknya juga membuka berbagai peluang kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk mendukung perkembangan UMKM di Tanah Air. Pada peringatan satu tahun peluncuran ini, IDE by Indosat Business menggalakkan semangat “Saatnya Tumbuh Bersama” dan mengajak berbagai pihak terus mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia.

Dalam perjalanannya, IDE by Indosat Business telah membentuk beberapa komponen dalam ekosistem digitalnya, antara lain IDE Academy yang merupakan wadah dan solusi para pengusaha untuk mendapatkan edukasi secara gratis dari para ahli. Adapula Wawasan IDE yang merupakan kanal untuk mendapatkan wawasan berbasis data sesuai dengan kebutuhan bisnis tiap-tiap pelaku UMKM.

“Tak ketinggalan, IDE by Indosat Business juga menyediakan wadah untuk berbagai solusi bisnis melalui Toko IDE di dalam platform yang sama,” terangnya.

Baca Juga : Netralitas ASN Hingga Politik Uang Jadi Potensi Kerawanan Masa Kampanye

IDE by Indosat Business juga menggandeng beberapa partner strategis dalam upaya memberikan solusi menjawab banyak kebutuhan lini bisnis, seperti YOOV sebagai mitra penyedia software operasional bisnis dan majoo Indonesia yang memberikan solusi pembayaran kasir secara digital.

Salah satu mitra digitalisasi, Google Cloud mengapresiasi inisiatif ini. Qasim Bashir, Director Strategic Industries, Google Cloud Asia Pacific mengatakan, pihaknya mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh IDE dalam waktu yang cukup singkat.

“Sebagai mitra strategis, kami menantikan peluang di masa yang akan datang dalam menghadirkan produk dan solusi digital bersama platform IDE untuk mendukung jutaan usaha kecil dan menengah di Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Kadivim Kemenkumham Sulsel Ajak Pegawai Selesaikan Target Kinerja B12

Kedepannya, IDE by Indosat Business ingin bertumbuh bersama berbagai mitra mulai dari membantu solusi konektivitas, operasional bisnis, promosi, hingga mengembangkan komunitas UMKM di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan misi Indosat dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646