0%
logo header
Minggu, 28 Januari 2024 09:23

Kontribusi Abang Fauzi, Luwu Utara Penerima Manfaat Program TPS3R Terbanyak di Sulsel

Rizal
Editor : Rizal
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi didampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meresmikan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi didampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meresmikan gedung TPS3R di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar, Muhammad Fauzi meresmikan gedung pengolahan sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) yang terletak di Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (27/1/2024). Pada kesempatan itu, Abang Fauzi, sapaan karibnya, didampingi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) sendiri merupakan program dengan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan. Tentunya dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat setempat melalui pendekatan pemberdayaan.

Untuk tahun 2023 ini dari aspirasi Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi sedikitnya ada 5 program TPS3R yang masuk di Luwu Utara. Lima desa yang menjadi lokus penempatan program pengolahan sampah tersebut diantaranya Desa Pattimang, Desa Pince Pute, Desa Patila, Desa Sukaraya dan Desa Banyuurip.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan jika semua program TPS3R yang masuk ke Luwu Utara saat ini pembangunannya telah selesai tepat waktu.

“Kesempatan ini saya juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang mendapatkan program ini, karena pembangunannya semua tepat waktu. Menurut saya ini adalah salah satu wujud komitmen desa untuk mengoptimalkan program pengolahan sampah ini,” kata Indah Putri Indriani.

“Yang patut kita syukuri juga adalah di Sulawesi Selatan, Luwu Utara-lah yang paling banyak mendapatkan program aspirasi TPS3R dari Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi. Untuk tahun 2024 ini kita akan coba usulkan kembali tujuh desa,” tambah bupati perempuan pertama di Sulsel tersebut.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi menyampaikan, untuk tahun 2024 Kementerian PUPR yang merupakan salah satu partner kerja Komisi V masih memasukkan TPS3R sebagai program skala prioritas.

“Program TPS3R diperuntukkan untuk desa atau kelurahan agar bagaimana dapat mengelola sampah khususnya sampah kering agar bernilai. Selain diharapkan dapat meningkatkan perekonomian juga dapat mengurai sampah dari rumah tangga terutama sampah kering,” ungkapnya.

Abang Fauzi menambahkan setiap program aspirasi yang ia bawa ke Luwu Utara tentunya selama ini sudah menyentuh semua desa, baik itu program bedah rumah, Sanimas, PAMSIMAS, P3A, dan program lainya yang ada di kementerian mitra Komisi V.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Sering saya sampaikan program yang masuk di Luwu Utara ini karena kita ada keterwakilan di Senayan. Makanya di pemilu nanti sering saya sampaikan masyarakat harus cerdas. Jadilah pemilih cerdas yang tidak hanya benar melakukan pilihan akan tetapi pilihannya memiliki makna atau dampak terhadap daerah kita,” tutup Muhammad Fauzi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646