Kriminolog Nilai Polisi Tidak Konsisten Dalam Penindakan Hukum Geng Motor

0
Kriminolog Prof Marwan Mas

REPUBLIKNEWS.CO.ID,MAKASSAR
Situasi kondisi beberapa hari di Kota Makassar mulai tidak kondusif dengan adanya aksi tawuran di beberapa ruas jalan dikota makassar dan banyaknya geng motor yang membuat para pengguna jalan ketakutan.

Melihat hal itu, Kriminolog Prof Marwan Mas mengatakan terjadinya hal tersebut karena tidak konsistennya aparat Kepolisian dalam penindakan terhadap geng motor yang meresahkan para pengguna jalan.

“Itu buntut dari yang tidak konsistennya penanganan Polisi baik pencegahan maupun penindakan terhadap anak-anak gerombolan motor,”ungkapnya saat dimintai tanggapannya melalui telepon seluler pada Rabu (22/7/2020).

Ia menjelaskan, Polisi sering menindak tegas dengan cara menangkap hanya saja proses penjatuhan hukum oleh Hakim terhadap anak geng motor selalu melihat umur.

“Tetapi yang tidak membuat para pelaku jera melakukan aksi tersebut di sebabkan penjatuhan hukuman oleh hakim selalu melihat bahwa anak ini masih dibawah umur, akhirnya ada yang sering mereka gaungakan sama temanya dan mereka bangga, misalnya dia pernah melakukan kemudian tidak ada tindakan tegas,” ujarnya.

“Boleh melihat seperti itu kalau hanya satu kali, kalau dia sudah lebih atau sudah dianggap kriminologi itu sudah rengdy pemulangan tindak pindana mestinya di perberat tujuannya efek jera,”tambahnya (Thamzil).

Tinggalkan Balasan