0%
logo header
Selasa, 07 Mei 2024 15:30

Kukar Siap Tingkatkan Transparansi, KIP Kaltim Beri Masukan dan Apresiasi

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Suasana audiensi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan KIP Kaltim, Selasa (07/05/2024). (Istimewa)
Suasana audiensi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan KIP Kaltim, Selasa (07/05/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapat kunjungan dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur (KIP Kaltim) pada Selasa (07/05/2024). Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) kepatuhan badan publik terhadap keterbukaan informasi publik tahun 2024.

Ketua KIP Kaltim, H Imran Duse, mengapresiasi komitmen Kukar dalam meningkatkan transparansi informasi. Namun, ia juga memberikan sejumlah masukan terkait kendala yang dialami OPD dalam pengisian kuesioner dan pengunggahan bukti dukung.

“Kami berharap Diskominfo Kukar sebagai PPID Kabupaten dapat terus melakukan evaluasi dan penguatan hingga ke tingkat desa,” ujar Imran.

Baca Juga : Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

Asisten III Pemkab Kukar, Dafip Haryanto, menyambut baik masukan tersebut. Ia menegaskan komitmen Kukar untuk terus meningkatkan keterbukaan informasi publik.

“Kami akan segera melakukan evaluasi dan pembenahan agar penilaian tahun ini lebih baik,” janji Dafip.

Selain monev, KIP Kaltim juga menyampaikan rencana penyelenggaraan malam anugerah keterbukaan informasi publik Kaltim 2024. Tahun ini, akan ada tambahan satu kategori penghargaan yang melibatkan tiga OPD dari setiap Kabupaten/Kota.

Baca Juga : Ribuan Warga Kukar Larut dalam Shalawat, Festival Islami Sukses Digelar

KIP Kaltim juga akan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Kaltim yang berjasa dalam mendorong keterbukaan informasi publik, serta penghargaan khusus untuk generasi muda.

Audiensi diakhiri dengan pertukaran cinderamata sebagai simbol komitmen bersama dalam meningkatkan transparansi informasi publik di Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646