0%
logo header
Selasa, 07 Mei 2024 12:33

Kukar Tingkatkan Fasilitas Perikanan, DKP Genjot Pembangunan TPI dan Infrastruktur Penunjang

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala DKP Kabupaten Kutai Kartanegara, Muslik, saat diwawancara awak media. (Istimewa)
Kepala DKP Kabupaten Kutai Kartanegara, Muslik, saat diwawancara awak media. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Guna memacu sektor perikanan di wilayahnya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) giat mendorong pembangunan infrastruktur penunjang aktivitas nelayan. Salah satu fokus utama adalah pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Kepala DKP Kukar, Muslik, menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih menggenjot penyediaan berbagai sarana-prasarana pendukung kegiatan penangkapan. Program ini meliputi pengadaan perahu, alat tangkap yang mumpuni, mesin, serta fasilitas pendukung lainnya bagi para nelayan.

“Saat ini fokus kami adalah menyelesaikan pembangunan fasilitas penunjang TPI yang telah didirikan di Desa Samboja dan Anggana,” ujar Muslik, Selasa (07/05/2024).

Baca Juga : Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

Muslik menambahkan, hingga kini DKP telah memiliki TPI di empat kecamatan, meliputi Samboja, Anggana, Kota Bangun, dan Muara Badak. Khusus untuk TPI Anggana, terdapat rencana pembangunan di kawasan Sungai Meriam.

Sejalan dengan pembangunan TPI, DKP Kukar mendorong pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPDN) di wilayah dekat pesisir.

“Ini demi memudahkan akses bagi nelayan dalam memperoleh bahan bakar,” ungkapnya.

Baca Juga : Ribuan Warga Kukar Larut dalam Shalawat, Festival Islami Sukses Digelar

Muslik berharap, upaya peningkatan fasilitas dan infrastruktur ini dapat memacu produksi perikanan di Kukar, terutama pada sektor perikanan tangkap.

“Juga diharapkan pengembangan perikanan budidaya berbuah hasil peningkatan produksi,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646