0%
logo header
Kamis, 30 Desember 2021 11:47

Kunjungan ke Soppeng, Mentan SYL: Pertanian Harus Lebih Baik

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Lumpo, disambut Tarian Paduppa saat berkunjung ke Desa Pising, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng, Rabu (29/12/2021).
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Lumpo, disambut Tarian Paduppa saat berkunjung ke Desa Pising, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng, Rabu (29/12/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Soppeng tepatnya di Desa Pising, Kecamatan Donri-Donri, Rabu (29/12/2021).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Dua periode ini mendarat dengan menggunakan Helikopter di Lapangan Donri-Donri dan menuju lokasi kunker.

Tiba di Lokasi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo disambut dengan Tari Padduppa adat Bugis Soppeng dan langsung meresmikan Screen House dan Launching program Sutasoma.

Baca Juga : H3RO Land Dream Battle, Tri Beri Kesempatan Gen Z Berkarier di Industri Gaming

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak dalam sambutannya mengungkapkan selamat datang kepada Menteri Pertanian. Pembangunan Pertanian mempunyai peran yang sangat strategis dan menunjukkan stabilitas dan ketersediaan Pangan bagi seluruh masyarakat, serta kekuatan sektor Pertanian merupakan salah satu sektor yang dapat tumbuh positif dimasa Pandemi khususnya di Kabupaten Soppeng.

“Laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Soppeng  menunjukkan tren positif dan tidak sombong tertinggi di Sulawesi Selatan,” ungkap Andi Kaswadi Razak.

Di samping itu, Bupati Andi Kaswadi mengucapkan terimakasi kepada Mentan SYL yang konsisten dan komitmen membangun Pertanian.

Baca Juga : Toyota Auto Show by Kalla Tawarkan Agya Limited Series, Angsuran Rp3 Juta

Pembangunan sektor Pertanian selaras dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng yaitu Soppeng yang lebih maju dan sejahtera melalui peningkatan dan pengembangan Pertanian pada revolusi industri 4,0 dengan meningkatkan produksi komoditas holtikultura yang bernilai Ekonomi tinggi.

Sambungnya bahwa usaha disektor yang dihadapkan pada risiko yang cukup tinggi antara lain kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim seperti Banjir, Kekeringan, Serangan hama serta kecelakaan maka melalui Kementerian memberikan solusi terbaik berupa program Asuransi usaha tani yang diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap resiko ketidakpastian dengan menjamin Petani mendapatkan modal kerja dari klaim asuransi begitupun dengan kecelakaan kerja bagi petani.

“Sebuah terobosan inovasi melalui kolaborasi sistem antara Dinas tanaman pangan holtikultura perkebunan dan ketahanan pangan Kabupaten Soppeng dengan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Bupati Soppeng dua periode ini.

Baca Juga : TP PKK Bajeng Barat Bangun Rumah Belajar Bagi Kader

“Kunjungan Menteri Pertanian RI sudah lama kami nanti-nantikan karena kondisi sekarang kami membutuhkan perhatian dari Pemerintah pusat khususnya disektor Pertanian,” tutupnya.

Sementara, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Sainuddin mengaku melihat kemajuan Pertanian di Kabupaten Soppeng.

Urainya bahwa dirinya diberi mandat tentang bagaimana memberikan perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan yang lebih luas dan lebih banyak

Baca Juga : KPPU Sidangkan Kasus Google, Agenda Pemaparan Tanggapan LDP

“Hari ini bisa hadir di Soppeng dan kami menemukan cara bagaimana mewujudkan perlindungan yang mandiri jadi bagi petani,” ungkapnya.

“Contoh perlindungan petani disoppeng akan kami sebarkan kedaerah lain,” janji Sainuddin.

Sedangkan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa besok harus lebih baik dari hari ini.

Baca Juga : KPPU Sidangkan Kasus Google, Agenda Pemaparan Tanggapan LDP

Pertanian akan mampu membuat rakyat menjadi bisa bergembira, merasa damai dan tenteram. bahkan merasakan kehidupan yang lebih baik.

“Itu gunanya saya ada disini untuk memperkuat dan datang karena janji untuk hadir di Soppeng,” kata Syahrul Yasin Limpo.

“Hadiah itu sesuatu yang hebat, Pertanian itu sesuatu yang luar biasa dan pertanian itu sesuatu yang dibutuhkan semua orang,” katanya lagi.

Penulis : Yusuf
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646