0%
logo header
Rabu, 07 Desember 2022 21:23

Legislator DPRD Makassar Akui Drainase Jadi Pemicu Utama Banjir

Rizal
Editor : Rizal
Anggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham. (Foto: Istimewa)
Anggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Persoalan banjir di Kota Makassar menjadi perhatian serius Pemkot Makassar hingga saat ini. Bahakan setiap musim penghujan, selalu ada genangan air tersisa.

Anggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham menilai permasalahan paling krusial yang dihadapi masyarakat Kota Makassar saat ini adalah banjir. Problem ini akibat pengelolaan drainase yang kurang maksimal.

“Kami turun ke dapil, di beberapa titik. Mayoritas masyarakat mengeluhkan perbaikan drainase. Ini perlu diselesaikan,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga : Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rudal Care Tuai Apresiasi Positif dari Warga Makassar

Dia mencontohkan. Salah satu langganan banjir di Kompleks Hartaco Indah Blok 3M, RT 07/RW 06, Kelurahan Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Makassar.

“Ada beberapa aduan warga yang pertama itu terkait permasalahan drainase dan ada beberapa titik jalan, mengingat Hartaco ini adalah perumahan tapi akhir-akhir ini sudah dijadikan tempat untuk jalan potong,” ungkapnya.

Sehingga, kata Ari, ada keluhan dari masyarakat untuk beberapa ruas jalan itu drainasenya ditutup tanpa ada pengerukan terlebih dahulu demi pelebaran jalan.

Baca Juga : Pemkab Bantaeng Akui Program Assiama Presisi Polres dan Huadi Group Banyak Bantu Warga

Begitu juga di BTN Jongaya Indah Kelurahan Jongaya, kata Anggota Komisi B DPRD Makassar ini, permasalahannya juga sama terkait perbaikan drainase yang buruk.

“Kita melaksanakan reses di tengah-tengah musim hujan, jadi memang aduan masyarakat sebagian besar untuk segera dilakukan pengerukan drainase,” tambah ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Makassar ini.

Oleh karena itu, kata Ari, menjadi cambuk bagi Pemerintah Kota Makassar agar jangan melakukan pekerjaan perbaikan drainase atau pengerukan sedimen saat mendekati musim penghujan.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas SDM, Kemnaker RI Latih Karyawan Huadi Group

“Karena istilahnya sudah musimnya baru bekerja, jadi kadang masyarakat baru menerima banjir datang, drainasenya pun baru dikerjakan,” kata Ari.

“Sehingga usulan kepada Pemerintah Kota Makassar bahwa pekerjaan yang masuk ranah drainase itu dikerjakan di awal tahun, nanti pas musim hujan tidak ada lagi kendala banjir,” demikian sekretaris DPD NasDem Kota Makassar ini. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646