0%
logo header
Jumat, 03 Desember 2021 08:24

Legislator Hanura Akui Sediment Pond PT CLM Over Kapasitas

Kondisi Anak Sungai Disekitar Sediment Pond Blok Landau PT CLM.
Kondisi Anak Sungai Disekitar Sediment Pond Blok Landau PT CLM.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU TIMUR– Legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Luwu Timur, Alpian mengakui jika sediment Pond milik PT Citra Lampia Mandiri (CLM) memang mengalami over kapasitas sehingga terjadi limpahan diblok Landau.

Hal itu disampaikan sekretaris Fraksi Hanura ini saat dihubungi media, Jumat (3/12/2021), ia mengatakan, limpahan itu terjadi dikarenakan sedimen Pond milik PT CLM tidak mampu menahan air akibat curah hujan yang tinggi.

Kondisi Anak Sungai Disekitar Sediment Pond Blok Landau.

Selain itu, kata Alpian, ia juga menemukan adanya lumpur berwarna kemerahan yang masih mengendap dianak sungai yang tidak jauh dari lokasi pembuangan sediment Pond di blok Landau.

Baca Juga : Puluhan Karyawan CLM Nyatakan Dukungan ke Helmut Hermawan, Harap Tetap Jadi Pimpinan

“Waktu teman-teman check sediment Pond, saya memilih mengecek lokasi pembuangan dan turun menelusuri, saya melihat ada anak sungai yang dipenuhi lumpur berwarna kemerahan yang tidak jauh dari sediment Pond kurang lebih 15 meter dan anak sungai ini mengalir langsung ke sungai Pongkeru sepanjang kurang lebih 5 Kilometer,” ungkap Alpian.

Sebelumnya, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT CLM, Ahmad Surana melontarkan permohonan maaf atas terjadinya kekeruhan sungai Malili.

Sediment Pond PT CLM Blok Landau.

“Akibat curah hujan yang tinggi tersebut membuat kolam sediment Pond yang berada diblok Kande Api meluap tak bisa menampung limpasan air yang cukup tinggi, mengakibatkan terjadi kekeruhan sampai ke sungai Malili. Kami minta maaf, atas kejadian ini,” ujar Ahmad Surana dimedia Pena Lutim, Senin 22 November 2021.

Baca Juga : PT CLM Komitmen Pembayaran Kreditor dan Vendor Berjalan Sesuai Aturan

Untuk diketahui, ketua komisi III DPRD Luwu Timur, Badawi Alwi bersama wakil ketua komisi, Andi Baharuddin dan anggota komisi, Alpian baru – baru ini turun mengecek langsung kelokasi pertambangan PT CLM. Turut hadir mendampingi, pihak Dinas Lingkungan Hidup, Nasir Dj dan beberapa pihak dari PT CLM. (Asril)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646