LPPM Unhas Bareng Pemuda Pancasila Sinjai Gelar Seminar Sehari

  • Bagikan
Peserta kegiatan 'Seminar Sehari' yang digagas LPPM Unhas dan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai berfoto bersama seusai kegiatan.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggandeng MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan bertajuk Seminar Sehari, Minggu, (15/8/2021) kemarin.

Kegiatan seminar yang dihelat di Aula Gedung PKK Kabupaten Sinjai itu mengangkat tema “Meningkatkan Kesadaran Diri dan Kemampuan Komunikasi Empatik Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai”.

Sebanyak tiga narasumber dihadirkan oleh panitia pelaksana. Masing-masing Ketua Program Studi Psikologi Unhas Ichlas N Afandi, Dosen Psikologi Unhas Andi Tenri Pada Rustham, serta Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai Nasrullah Mustamin.

Pada kesempatan itu, Ichlas N Afandi selaku pembicara pertama menggarisbawahi bagaimana meningkatkan kesadaran diri dalam membangun organisasi.

“Kita perlu mendorong pihak otoritas atau pimpinan organisasi agar mampu melahirkan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan kesadaran diri pengurus sehingga tercipta komunikasi dua arah yang efektif antara PP dan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, narasumber lainnya, Andi Tenri Pada lebih spesifik membahas tentang esensi kemampuan komunikasi empatik yang menurutnya sangat dibutuhkan oleh organisasi dalam membangun kesepahaman dan rasa saling peduli satu sama lain.

Adapun Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai, Nasrullah Mustamin cenderung menyampaikan eksistensi organisasi Pemuda Pancasila selama kurun waktu kepemimpinannya.

“PP selama ini aktif dalam melakukan kerja-kerja organisasi dan sosial kemasyarakatan. Insyaallah kami selalu ada dan terlibat dalam giat-giat sosial kemasyarakatan, baik inisiasi organisasi PP itu sendiri maupun dalam mengawal program-program Pemda Sinjai,” bebernya.

Kegiatan seminar ini sendiri menghadirkan kurang lebih 30 orang peserta. Mereka berasal dari perwakilan organisasi sayap dan Pengurus Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai.

“Kami sengaja membatasi jumlah peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi yang belum usai, namun Insyaallah ini tidak mengurangi pesan yang tersampaikan dalam kegiatan ini,” demikian Wakil Ketua MPC Pemuda Pancasila Sinjai, Saifullah Ahmad. (*)

  • Bagikan