0%
logo header
Sabtu, 25 Februari 2023 20:33

Mantan Mensos Pimpin IKA UIN Alauddin

Idrus Marham. (Istimewa)
Idrus Marham. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Sosial RI (2018) Idrus Marham, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (BPP IKA UINAM) periode 2023-2027 dalam Musyawarah Besar (Mubes) V IKA UIN Alauddin di Hotel Sultan Alauddin Makassar, Sabtu (25/02/2023).

Pria kelahiran Kabupaten Pinrang 14 Agustus 1962 itu menggantikan seniornya Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, yang memimpin IKA UIN Alauddin sejak 2011 hingga 2023.

Idrus Marham yang pernah menjabat Sekjen Partai Golkar tersebut berdasarkan musyawarah mufakat dipilih Ketua Umum BPP IKA UINAM dalam sidang yang dipimpin kerabatnya Ismail Cawidu, setelah tidak ada nama lain yang mengajukan diri sebagai calon ketua.

Baca Juga : Akhir Pekan, NH dan Idrus Marham serta IAS dan Andi Muhammad Silaturahmi Bareng

Ismail Cawidu dua kali menawarkan kepada 61 peserta tetap mengajukan nama lain sebagai ketua pada Mubes yang dibuka Rektor UiN Alauddin Prof. Hamdan Juhannis, M,A. Ph.D tersebut.

Mereka hanya menyepakati nama Idrus Marham yang mendaftar pada panitia Mubes sebelumnya.

Ketua Umum BPP IKA UINAM terpilih didampingi delapan Anggota Formatur lainnya diantaranya Prof. Dr. Sabri Amin, Prof. Dr. Salman Manggalatung, M.Ag., Dr. Arifuddin Siraj, Dr. H. Ismail Cawidu, Husban Abdi, M.A., Hj Nurjannah, dan Hidayat M.Said akan menyusun komposisi kepengurusan BPP IKA UIN Alauddin sesegera mungkin.

Baca Juga : Akhir Pekan, NH dan Idrus Marham serta IAS dan Andi Muhammad Silaturahmi Bareng

Mubes V IKA UINAM yang sesuai jadwal terdiri atas beberapa sidang pleno akhirnya dipangkas menjadi tiga acara utama, yakni penyampaian laporan pertanggung jawaban BPP IKA UINAM periode 2011-2023, pembahasan AD/ART, dan pemilihan Ketua Umum BPP IKA UINAM periode 2023-2027.

Setelah terpilih sebagai Ketum BPP IKA UINAM, suami Ridho Ekasari ini mengatakan, di bawah kepemimpinannya akan berusaha bagaimana mendesain organisasi ini supaya lebih lincah dan bersemangat untuk kepentingan umat dan bangsa.

“Jangan di lapangan kita saing-saingan, tetapi harus menjadi satu kesatuan yang terintegrasi dan kuat sebagai satu gerakan untuk beramal saleh demi umat dan bangsa,” kata ayah dua anak ini menambahkan.

Baca Juga : Akhir Pekan, NH dan Idrus Marham serta IAS dan Andi Muhammad Silaturahmi Bareng

Anggota DPR RI (2009-2014) ini mengatakan, merupakan kebanggaan memperoleh amanah selama 4 tahun mendatang untuk melaksanakan gerakan amal saleh melalui organisasi alumni ini. Ke depan, bagaimana organisasi ini memberdayakan dan membina sekitar 50 ribu alumni UINAM secara berkelanjutan demi orientasi umat dan bangsa.

“Bagaimana kita memberdayakan alumni dan organisasi ini sebagai episentrum gerakan untuk umat dan bangsa ini,” ujar Idrus Marham yang 8 Juni 2011  dilantik sebagai Sekjen Partai Golkar.

Idrus Marham merupakan alumni Fakultas Syariah IAIN Alauddin, meraih gelar magister di IAIN Wali Songo Semarang, dan lulus doktor dengan yudisum “cumlaude” di UGM Yogyakarta. Sebelum terjun ke dunia  politik, Idrus menjadi dosen di Universitas Tarumanegara Jakarta, Universitas Islam Attahriyah, dan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan menjabat Weakil Rektor III.

Baca Juga : Akhir Pekan, NH dan Idrus Marham serta IAS dan Andi Muhammad Silaturahmi Bareng

Ketika menjabat Ketua Umum DPP KNPI, Idrus terpilih menjadi anggota MPR RI mewakili pemuda, kemudian menjabat Wakil Koordinator Bidang Komunikasi Politik LPP DPP Golkar (2002), Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Wakil Presiden “World Assembly of Youth (WAY) pada tahun 2005.

Usai terpilih Idrus Marham langsung menyampaikan beberapa pokok pikirannya dalam memimpin IKA UINAM pada periodenya.

Mubes V IKA UINAM ini sesuai jadwal, Sabtu (25/2/2023) malam menghadirkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Prof. Dr. Mahfud MD.

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646