0%
logo header
Rabu, 06 Maret 2024 09:58

Mantap! Kota Parepare Kembali Piala Anugerah Adipura yang ke-15

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Mantap! Kota Parepare Kembali Piala Anugerah Adipura yang ke-15

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Kota Parepare kembali berhasil meraih piala penghargaan anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Parepare dinilai sukses dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH).

Piala anugerah Adipura itu diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare Susianna mewakil Pj Wali Kota Akbar Ali menerima penghargaan Adipura di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, 5 Maret 2024.

Parepare meraih piala Adipura setelah melewati pelbagai penilaian. Pemkot Parepare juga telah melaporkan pengelolaan sampah dan RTH ke SIPSN
(Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional).

Baca Juga : Halal Bihalal HIKMAH Ujung Parepare, MZ Mantapkan Niat Maju Pilwalkot: Kosong Satu Harga Mati

Selain itu, tim penilai yang turun memantau ke Parepare pada tanggal 10-12 Februari lalu. Tim dari KLHK dan Dinas LHK Sulsel memantau kondisi faktual fasilitas terpasang pengelolaan sampah. Dilihat pula kondisi faktual titik-titik pantau Adipura Kota Parepare.

“Berdasarkan hasil pemantauan Adipura yang dilaksanakan, maka dilakukan pengklasifikasian Kabupaten Kota dalam menerima Penghargaan Adipura. Berdasarkan pengklasifikasian tersebut
Kota Parepare berhasil meraih nilai TPA> 71 dan nilai fisik titik pantau 73. Sehingga Kota Parepare berhasil meriah penghargaan Adipura Tahun 2023,” ungkap Susianna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup. (6/3/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan penghargaan Adipura kembali diraih Parepare tentu tidak lepas dari peran serta semua pihak. Piala Adipura ini diraih berkat kerjasama pemkot, masyarakat, BUMN dan swasta yang telah berkolaborasi dalam menjaga kebersihan di Kota Parepare.

Baca Juga : Kadisdik Sulsel Pastikan Ijazah Tasming Hamid Asli, TSM: Saya Maafkan yang Menuduh

“Sekaligus mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota bersih, teduh dan berkelanjutan dalam hal pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau,” tuturnya.

Terpisah, Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi menjaga kebersihan kota Parepare. Menurutnya, piala Adipura ini sebuah amanah untuk terus menjaga kebersihan dan ruang terbuka hijau.

“Piala Adipura ini bukti semua unsur pemerintahan dan masyarakat Parepare kompak menjaga kebersihan kota. Kami harap kebersihan di Kota Parepare terus dapat dijaga dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Batu Aries Paewai Silaturahmi Keluarga Besar di Sulsel, Sempatkan Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Parepare

Sekadar diketahui, piala Adipura yang diraih Kota Parepare tahun ini merupakan penghargaan yang ke 15 kalinya. Kota Parepare telah meraih satu kali penghargaan sertifikat Adipura dan 14 kali meraih penghargaan Piala Anugerah Adipura.

Adapun titik pantau Adipura Kota Parepare mencakup permukiman dan perumahan, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan
Puskesmas. Selanjutnya, tim pemantau juga melihat terminal, pelabuhan, hutan kota, taman kota, perairan terbuka, TPA, bank sampah dan TPS3R serta kampung iklim. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646