0%
logo header
Senin, 23 Mei 2022 18:49

Meski Capai Target Pemkab Gowa Genjot Capaian Imunisasi Anak Lewat BIAN

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menghadiri pencanangan BIAN di SDN Bontokamase, Jalan Malino, Senin (23/05/2022). (Istimewa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menghadiri pencanangan BIAN di SDN Bontokamase, Jalan Malino, Senin (23/05/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Capaian imunisasi lengkap pada anak di Kabupaten Gowa telah mencapai target. Hal ini berdasarkan data capaian imunisasi anak di daerah tersebut yang berhasil mencapai 96,31 persen.

Meski kontribusi capaian imunisasi anak dinilai cukup besar, Pemerintah Kabupaten Gowa terus menggenjot capaian vaksinasi imunisasi anak tersebut melalui pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Hal ini dinilai sebagai cara meningkatkan capaian imunisasi lanjutan.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, capaian imunisasi lengkap pada anak ini tersebar di 26 puskesmas, dan 560 posyadu yang ada. Bahkan, di Sulawesi Selatan berdasarkan pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Sulsel Tahun 2021, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan daerah yang berhasil menduduki peringkat pertama di tingkat nasional dengan capaian 99,9 persen.

Baca Juga : Bupati Gowa Minta Kebijakan Penghapusan Honorer Dikaji Kembali

“Dari capaian ini Kabupaten Gowa berkontribusi 96,31 persen. Sehingga Kita patut berbangga, ini tentunya juga berkat kerjasama dan kolaborasi seluruh pihak yang ada,” ungkapnya di sela-sela pencanangan BIAN yang berlangsung di Pelataran SDN Bontokamase, Jalan Malino, Senin (23/05/2022).

Adnan mengaku, kesehatan dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Menurutnya sebaik apapun pendidikan seseorang harus dilengkapi dengan tubuh yang sehat. Tujuannya untuk menghasilkan SDM dengan pemikiran yang cerdas, sehat dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Apabila tubuh anak kuat maka pikirannya akan cerdas, jika pikiran yang cerdas maka kita akan bisa membangun SDM yang lebih baik lagi. Itulah mengapa pendidikan dan kesehatan merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun SDM,” jelasnya.

Baca Juga : Selesaikan Kenaikan Pangkat 1000 ASN, Pemkab Gowa Diganjar Penghargaan BKN

Olehnya untuk membentuk tubuh yang sehat sejak dini, imunisasi lengkap sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan anak. Pencanagan BIAN ini pun diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan hingga 12 tahun.

“Imunisasi dasar kita sudah baik, namun untuk pencapaiam imunisasi lanjutan masih perlu kita tingkatkan melalui BIAN. Sehingga anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya kita lengkapi terus imunisasinya,” ujarnya.

Termasuk bagi anak-anak yang belum melakukan imunisasi tambahan seperti imunisasi Campak Rubella.

Baca Juga : Adnan Ajak PDTDI Bantu Persoalan Stok Darah di Sulsel

Adnan berharap seluruh pihak berperan aktif menyukseskan pelaksanaan BIAN dengan menyebar luaskan informasi pada setiap kesempatan, menggerakkan masyarakat dan orang tua agar anaknya segera diimunisasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Taufik Mursad mengatakan, pencanangan BIAN di Kabupaten Gowa dilaksanakan mulai  Mei hingga Juni 2022 dengan target sasaran 133.475 anak mulai umur 9 bulan hingga 12 tahun.

“Layanan imunisasi anak ini kita laksanakan di 26 puskesmas, 560 posyandu dan juga semua SD sebanyak 419 sekolah dengan jenis imunisasi OPV, IPV dan , DPT-HB-HIB,” terangnya.

Baca Juga : Support Atlet Bertanding di POPDA Sulsel, Bupati Gowa Saksikan Langsung Pertandingan

Ia mengungkapkan, dengan anak-anak diberikan imunisasi maka memberikan manfaat pencegahan penyakit serta kecacatan akibat Campak, Polio, Pertusis atau batuk rejan, Rubella, Difteri, Hepatitis B, Pneumonia (radang paru) dan Meningitis (radang selaput otak). (*)

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646