0%
logo header
Jumat, 28 Juni 2024 17:58

Misi Kukar Idaman, Tingkatkan Konektivitas Wilayah dengan Jembatan Sebulu

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana Groundbreaking Jembatan Sebulu Kutai Kartanegara. (Istimewa)
Suasana Groundbreaking Jembatan Sebulu Kutai Kartanegara. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) terus mewujudkan misi keempat Kukar Idaman, yaitu meningkatkan infrastruktur dasar dan konektivitas wilayah. Salah satu buktinya adalah pembangunan Jembatan Sebulu di Kecamatan Sebulu yang ditargetkan rampung dalam dua tahun.

Jembatan sepanjang 915 meter ini diharapkan menjadi ikon baru Kukar dan menjadi solusi konektivitas bagi masyarakat di hulu Kukar dan Muara Bengkal, Kutai Timur (Kutim).

“Dengan selesainya jembatan ini, akses ke hulu Kukar dan Muara Bengkal Kutim akan semakin mudah dan cepat. Hal ini tentu akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat di kedua wilayah tersebut,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wiyono, saat Groundbreaking pembangunan jembatan, Jumat (28/06/2024).

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Jembatan Sebulu menggunakan model pelengkung baja (steel bowstring tied arch), sama dengan jembatan Kutai Kartanegara pertama di Tenggarong. Selain itu, di sisi jembatan di Sebulu Modern nantinya akan dibangun rest area yang dilengkapi panggung pertunjukan, tempat kuliner dan ekonomi kreatif, serta musholla.

Pembangunan jembatan ini menelan anggaran Rp 650 miliar, dengan anggaran untuk tahun 2024 sekitar Rp 200 miliar.

“Kami optimistis pembangunan jembatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Kami juga meminta dukungan dari masyarakat dan semua pihak agar target selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Direktur PT. Yasa Patria Perkasa Purnomo Edi Achmad Meisuri, selaku kontraktor pelaksana proyek, menyatakan optimismenya untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu dan sesuai dengan standar kualitas dan keamanan.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan tenaga kerja lokal dalam proyek pembangunan jembatan Sebulu ini,” ujar Purnomo.

Pembangunan Jembatan Sebulu menjadi bukti komitmen Pemkab Kukar dalam membangun infrastruktur yang merata dan berkualitas. Diharapkan jembatan ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Kukar dan sekitarnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646