0%
logo header
Sabtu, 20 Mei 2023 22:27

Muhammad Mutawakkil, Berhasil Jadi Hafiz Al-Quran Hafal 30 Juz di Usia 17 Tahun

Muhammad Mutawakkil Alyaminy, saat menerima penghargaan sebagai penghafal Al-Quran 30 Juz, Sabtu (20/05/2023). (Istimewa)
Muhammad Mutawakkil Alyaminy, saat menerima penghargaan sebagai penghafal Al-Quran 30 Juz, Sabtu (20/05/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BIMA — Muhammad Mutawakkil Alyaminy, putra pasangan H. Ahmad Muslim – Hj. Naimah H.Said Amin yang baru berusia 17 tahun diwisuda sebagai penghafal Quran (hafiz) 30 juz di Pondok Pesantren Manarul Quran, Kelurahan Kolo, Kecamatan Asa, Kota Bima, Sabtu (20/05/2023) pagi.

Kegiatan wisuda tersebut diikuti lebih dari 100 santri yang berhasil menamatkan pembacaan Quran dalam berbagai jumlah juz.

Keluarga Alyaminy tersebut juga mencatatkan diri sebagai salah seorang dari 10 wisudawan/wati terbaik pondok pesantren tersebut. Dan menjadi salah seorang dari tiga santri yang berhasil menghafal Quran 30 juz.

Baca Juga : Kampus IAIN Bima Siap Dibangun

Selain Akil, panggilan akrab anak sulung dari dua bersaudara ini, juga terdapat nama Raehan dan Ahkamil Furqan yang menjadi wisudawan terbaik I dan II serta Akil sebagai wisudawan terbaik III.

Wisudawan/wati terbaik berikutnya adalah Afdan, Hilman Rafiah, Nur Firdan Urzula, Nur Atiya Azkiah, Muhammad Idris, Sultan Muaffiq, dan Melati Tri Puspita. Seorang wisudawan cilik berusia 4,5 tahun yang menghafalkan Quran satu juz juga diwisuda.

Akil yang lahir 9 Juni 2006 mulai belajar di Ponpes Manarul Quran pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan memasuki kelas 2 SMP. Saat ini dia duduk di kelas 2 setingkat SMA (MA). Setelah menamatkan pendidikan di Ponpes ini, rencananya Akil akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agama.

Baca Juga : Dibalik Tragedi Lere Bima, Mayat Aminunsyah Didorong Ikan Lumba-Lumba

Pimpinan Ponpes Manarul Quran KH Muhammad Adnin, SQ, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan pendidikan di Ponpes ini adalah membentuk anak berahlak mulia sesuai petunjuk Alquran. Pendidikan bukan diarahkan untuk berkompetisi meraih suatu kejuaraan, melainkan bagaimana anak berlomba memiliki ahlak yang mulia.

“Mencapai ahlak yang mulia tidak akan terwujud tanpa rida dari kedua orang tua,” kata KH Muhammad Adnin dalam acara wisuda yang dihadiri mantan Wali Kota Bima H.Qurais Abidin, Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan, Wakil Wali Kota Bima Fery Sofyan, Sekda Kota Bima Drs. H.Mukhtar Landa, M.H. dan para orang tua wisudawan/wati.

Ponpes Manarul Quran ini terletak di sisi timur Asa Kota (Mulut Kota) Bima juga dari arah laut, berada di lereng bukit. Pemandangan dari Ponpes ini sangat indah karena mata para pengunjung dapat menyapu pemandangan yang ada di laut di depan mulut kota Bima, jalur sempit yang harus dilalui setiap kapal yang akan berlabuh di Pelabuhan Bima yang tersembunyi dan tenang dari gelombang. (*)

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646