0%
logo header
Rabu, 10 Juli 2024 21:51

Mussadiyah Rauf Pantau Langsung Program Posrana PKK Barombong

Chaerani
Editor : Chaerani
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf hadir saat melihat langsung implementasi Posrana yang digagas TP PKK Kecamatan Barombong, di sela-sela kunjungan SMEP, di Desa Moncobalang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf hadir saat melihat langsung implementasi Posrana yang digagas TP PKK Kecamatan Barombong, di sela-sela kunjungan SMEP, di Desa Moncobalang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf hadir langsung melihat dan memantau implementasi progam Posyandu Ramah Anak (Posrana) yang digagas TP PKK Kecamatan Barombong. Pemantauan ini dilakukan pada kunjungan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP).

Progam dalam rangka meningkatkan kunjungan anak-anak ke posyandu ini diterapkan di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Barombong.

Mussadiyah mengatakan, dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, tidak bisa dijalankan tanpa adanya kolaborasi dan kerjasama seluruh pihak. Salah satunya pada kolaborasi TP PKK Barombong bersama puskesmas untuk menciptakan program Posrana tersebut.

Baca Juga : 2.145 Atlet Berlaga di Pekan Olahraga NIPAH 2024, Anak-Anak Ikut Serta

“Untuk menghasilkan program kerja yang baik, harus ada kekompakan mulai dari desa/kelurahan hingga tingkat kecamatan, bahkan tingkat RT dan RW pun harus kompak,” katanya, di sela-sela pelaksanaan SMEP TP PKK Kabupaten Gowa, di Desa Moncobalang, Kecamatan Barombong, kemarin.

Mussadiyah menegaskan, tujuan dari SMEP ini sangat baik untuk mengetahui sejauh mana 10 program pokok PKK terimplementasi di setiap desa dan kelurahan di Barombong.

Sementara, Ketua TP PKK Kecamatan Barombong, Hariyanti mengatakan, inovasi tersebut telah berjalan sejak awal 2024. Dimana terinspirasi dari curhatan para ibu yang kesulitan membujuk anaknya untuk datang ke posyandu.

Baca Juga : Survei Terbaru LSI Network untuk Pilkada Bone 2024, Popularitas dan Elektabilitas Yasir Machmud Tertinggi

“Usai mendengar keluh kesah para ibu, kami pun memfasilitasi setiap posyandu, setelah difasilitasi dengan disiapkan alat-alat permainan Alhamdulillah anak-anak semakin antusias dan tidak ada lagi yang rewel kalau datang ke posyandu, karena sekarang sudah banyak permainannya,” kata Hariyanti.

Lebih jauh Hariyanti menjelaskan, tujuan utama inovasi Posrana dibentuk adalah untuk memberikan pembelajaran serta permainan yang menawarkan pendidikan dan permainan menyenangkan bagi anak-anak di posyandu.

“Program ini memberikan peluang bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal melalui kegiatan yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini juga berdampak positif pada tingkat kunjungan sasaran di posyandu,” ujarnya.

Baca Juga : Awasi Mutarlih, Ketua Bawaslu Sulsel Beri Penguatan Jajaran Adhock di Pinrang

Dengan hadirnya fasilitas bermain di setiap Posyandu, khususnya di Desa Moncobalang, berhasil membuat anak-anak sasaran betah berada di posyandu.

“Apa lagi kalau sudah tahu jadwal Posyandunya, jadi sekarang bukan lagi para kader yang mencari sasaran yang belum datang, melainkan perkembangan di lapangan anak-anak yang semangat untuk datang ke posyandu,” akunya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646