0%
logo header
Selasa, 13 April 2021 21:51

Pantau Lokasi Tambang, Bupati Luwu Timur: Banyak yang Harus Dibenahi PT CLM

Bupati Luwu Timur Budiman Hakim, meninjau Lokasi Tambang PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Selasa (13/04/2021).
Bupati Luwu Timur Budiman Hakim, meninjau Lokasi Tambang PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Selasa (13/04/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, Budiman didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Andi Tabacina Akhmad melakukan pemantauan ketaatan pengelolaan lingkungan di lokasi tambang PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Selasa (13/04/2021).

Bupati Luwu Timur, Budiman dalam pantauannya mengatakan, ada beberapa hal yang harus dibenahi oleh perusahaan seperti memperbaiki dan menambah jumlah sediment pond yang kapasitasnya lebih besar yang sesuai dengan ketentuan teknis di EFO.

Kemudian tambah, Budiman, membersihkan sampah plastik seperti terpal bekas penutup ore di EFO, dan segera merevegetasi sempadan sungai yang berada di dekat setting pond EFO.

Baca Juga : Bupati Lutim Apresiasi PT Vale Bangun Ruang Terbuka Hijau

PT CLM, beber Budiman, juga harus segera memasang pintu outlet di setting pond D yang sesuai dengan ketentuan teknis serta harus melakukan swapantau harian seperti pengukuran TSS, PH dan Debit serta harus mempersiapkan sedimen tpond sebelum melakukan penambangan di blok landau.

Tidak hanya itu, hal penting lainnya ungkap Budiman, PT CLM juga harus melakukan reklamasi dilokasi yang telah selesai ditambang dan mengaktifkan nursery sebelum melalukan penambangan di blok landau.

“Kami datang ke lokasi tambang ini tidak ada udang di balik batu tapi murni melaksanakan pengawasan pemerintah. Saya ingin memastikan bahwa seluruh ketaatan terhadap lingkungan benar-benar dilaksanakan. Kalaupun ada kekurangan, agar segera dibenahi. Kita berharap investasi tetap baik tapi lingkungan juga tetap terjaga,” ungkap Budiman.

Baca Juga : Bupati Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Luwu Timur Terkait Ranperda 2022

Budiman juga meminta segera menyelesaikan fasilitas penyimpanan limbah B3 sesuai dengan ketentuan teknis dan berharap untuk kunjungan selanjutnya semua poin- poin penting tersebut telah selesai dilaksanakan. (Asril)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646