0%
logo header
Jumat, 21 Juni 2024 19:36

Pasar Rakyat Kapidi Luwu Utara Juara I Nasional Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas

Piagam penghargaan juara 1 Pasar Rakyat Desa Kapidi Luwu Utara. (ist)
Piagam penghargaan juara 1 Pasar Rakyat Desa Kapidi Luwu Utara. (ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Pasar Rakyat Kapidi Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara menjadi Juara I Nasional Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Regional Tengah.

Disusul Pasar Blahkiuh Kabupaten Badung Bali sebagai Juara II dan Pasar Dasan Agung Kota Mataram sebagai Juara III.

Hal tersebut berdasarkan laporan Hariani selaku Kepala BBPOM Makassar kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga : SIDAK LUTRA Untuk Tata Kelola Keolahragaan Dan Perencanaan Prestasi Atlet Di Luwu Utara

“Pentingnya keamanan pangan, tidak hanya sebagai upaya mendukung aspek kesehatan masyarakat secara khusus tetapi juga kualitas dan ketahanan suatu bangsa. Untuk mewujudkan pangan aman, Badan POM terus melakukan pengawasan peredaran makanan melalui berbagai mekanisme terutama pembinaan bagi komunitas pasar dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), salah satunya melalui program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya,” kata Hariani.

“Program tersebut merupakan satu langkah nyata Badan POM untuk mewujudkan keamanan pangan, dan telah dilombakan sejak tahun 2016,” jelasnya.

Sementara itu Indah Putri Indriani menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas capaian Pasar Rakyat Kapidi.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani Serahkan 1.232 SK PPPK Formasi 2023

“Alhamdulillah atas terpilihnya Pasar Rakyat Kapidi Kecamatan Mappedeceng, Luwu Utara sebagai Juara I Nasional, pasar pangan aman berbasis komunitas,” kata Indah.

“Ini adalah hasil kerja kolaborasi dan komitmen nyata untuk menghadirkan pasar aman berbasis komunitas. Harapannya semua pihak dapat terus bersinergi untuk menjaga keberlangsungannya, bahkan tidak hanya aman tetapi juga pasar sehat,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Indah mengatakan, Ia sudah menginstruksikan agar praktek baik ini dapat direplikasi atau di-scaling up ke pasar-pasar rakyat lainnya yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga : TPPS Penentu Intervensi Penanganan Stunting Hingga ke Desa

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkomitmen dan berkontribusi sehingga mendapat hasil yang maksimal ini,” tutur Indah.

Diketahui Pasar Rakyat Kapidi diresmikan Bupati Luwu Utara pada 08 September 2020. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646