0%
logo header
Senin, 14 Februari 2022 21:25

Pemda Buteng Perpanjang Jadwal Pendaftaran Beasiswa Samatau

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Buteng H. Samahuddin, SE saat menyerahkan Beasiswa Samatau Tahun 2020
Bupati Buteng H. Samahuddin, SE saat menyerahkan Beasiswa Samatau Tahun 2020

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengeluarkan kebijakan perpanjangan pendaftaran Beasiswa Samatau (Samahuddin-La Ntau) hingga Senin 21 Februari 2022, pekan depan.

Berdasarkan jadwal pendaftaran yang telah diumumkan sebelumnya, seharusnya pendaftaran Beasiswa Samatau berakhir hari ini, Senin (14/02/2022).

Bupati Buteng H. Samahuddin, SE mengatakan, perpanjangan tersebut dilakukan karena masih minimnya mahasiswa yang mendaftar sampai hari penutupan.

Baca Juga : Toyota Expo by Kalla Hadirkan Ragam Program Spesial Bagi Pelanggan

“Pendaftar masih relatif sedikit, sehingga harus kita perpanjang sampai Minggu depan,” ungkap Samahuddin pasca melakukan pemantauan langsung proses pendaftaran Beasiswa, Senin (14/02/2022).

Harapan orang nomor satu di Buteng itu, dengan adanya perpanjangan waktu pendaftaran tersebut, memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang belum sempat mengurus berkasnya.

“Harapan kita dengan program Beasiswa Samatau ini banyak membantu mahasiswa Buteng yang lagi menyelesaikan studi di perguruan tinggi, baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu,” harapnya.

Baca Juga : Hilux Rangga Akan Pra Launching di Toyota Expo by Kalla

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Setda Buteng Ahmad Nasmudin mengaku kurangnya pendaftaran Beasiswa Samatau tahun ini akibat persyaratan yang diperketat pihaknya. Salah satunya, batas minimal IPK mahasiswa yakni 3,35 dan belum pernah menerima beasiswa yang bersumber dari mana pun serta diprioritaskan yang belum menerima beasiswa Samatau tahun sebelumnya.

Khusus pendaftar beasiswa kurang mampu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial sebagai bukti yang bersangkutan benar-benar dari keluarga tidak mampu.

“Kemungkinan berkurangnya mahasiswa yang mendaftar karena adanya persyaratan-persyaratan itu. Tapi mudah-mudahan dengan diperpanjangnya pendaftaran hari ini sampai minggu depan, dapat menambah jumlah pendaftar Beasiswa Samatau 2022,” pungkasnya.

Baca Juga : OJK: Sektor Jasa Keuangan Indonesia Stabil, Kinerja Perbankan Positif

Berdasarkan pantauan, tercatat sebanyak 145 orang S1 kategori kurang mampu dan kategori prestasi sebanyak 119 orang serta 23 orang untuk S1 dan S2 Kedokteran.

Untuk diketahui jumlah pendaftar Beasiswa Samatau tahun 2021 lalu sebanyak 650 orang. Rinciannya 201 orang mahasiswa berprestasi dan 449 mahasiswa tidak mampu. Setelah verifikasi berkas, yang lolos sebanyak 509 orang. Rinciannya, 345 kurang mampu dan 164 prestasi. (*)

Penulis : Rudi Ard
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646