0%
logo header
Sabtu, 09 Maret 2024 07:18

Pemda Lutra Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan dan Penentuan Zakat. (ist)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memimpin Rapat Persiapan Safari Ramadan dan Penentuan Zakat. (ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID,LUWU UTARA — Pemerintah Daerah Luwu Utara menetapkan besaran zakat fitrah, zakat harta, Infaq Ibadah Umroh dan Haji untuk tahun 2024.

Untuk zakat fitrah ada dua opsi yaitu Rp. 40 ribu dan Rp.42 ribu/ orang di kecamatan dataran. Sementara di Kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi sebesar Rp. 25 ribu/ orang.

Adapun zakat rumah tangga disepakati disamakan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp. 50 ribu/ Kepala Keluarga. Untuk infaq umroh dan haji ditetapkan sebesar Rp.100 ribu dan Rp. 500 ribu/ sekali pergi.

Baca Juga : Hadir Open House Pj Gubernur Sulsel, Indah : Momen Silaturahmi Antar Pemerintah Daerah

Penentuan besaran zakat dan infaq tersebut disepakati pada Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dipimpin langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan dihadiri Forkopimda bersama stakeholder terkait, Jumat (8/3/2024).

“Perbedaan besaran zakat di kecamatan terpencil karena adanya perbedaan harga beras yang hanya Rp.10- 12 ribu/ kilo,” kata Indah.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemda tentu juga akan melaksanakan Safari Ramadan di tiap kecamatan mulai Kamis, 14 Maret 2024,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Baca Juga : Indah Tegaskan Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Ia juga menjelaskan, nantinya tim safari ramadan akan dibagi menjadi 3 tim sehingga dalam satu hari akan ada 3 kecamatan yang dikunjungi.

“Tapi perlu digarisbawahi bahwa instansi seperti Kemenag, DMI, RSUD Andi Djemma, bagian protokol, satpol PP, diskominfo, BKPRMI, dinas perhubungan, dan persamilra, diharapkan juga ada masuk ke tim 2 dan tim 3. Silakan masing-masing membagi dan menentukan pejabat administratornya untuk melebur di ketiga tim yang telah dibentuk,” pesan orang nomor satu di Luwu Utara tersebut.

Diketahui pada hari pertama Safari Ramadan tim 1 dipimpin Bupati Luwu Utara akan berkunjung ke Kecamatan Sabbang Selatan, tim 2 dipimpin Wakil Bupati Luwu Utara ke Kecamatan Tanalili sementara tim 3 dipimpin Sekda berkunjung ke Kecamatan Malangke. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646