0%
logo header
Senin, 01 April 2024 14:20

Pemkab dan Kejari Morowali Dukung Rencana Pembangunan PSN SUTET 275kV Wotu – Bungku

Chaerani
Editor : Chaerani
Kegiatan sosialisasi rencana pembangunan PSN jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kilovolt (kV) dari GITET 275kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku yang dilaksanakan PLN UPP Sulsel di jajaran Pemkab dan Kejari Morowali, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
Kegiatan sosialisasi rencana pembangunan PSN jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kilovolt (kV) dari GITET 275kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku yang dilaksanakan PLN UPP Sulsel di jajaran Pemkab dan Kejari Morowali, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MOROWALI — PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) melakukan sosialisasi rencana pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Pembangunan tersebut yakni Proyek Strategis Nasional (PSN) jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kilovolt (kV) dari Gardu Induk Ekstra Tinggi (GITET) 275kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku.

Sosialisasi tersebut dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Morowali yakni, Asisten II Bidang Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan SDA Pemkab Morowali Abd. Muttaqin Sonaru, dan mewakili Kejaksaan Negeri Morowali yang dihadiri Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Morowali, Mugyadi.

Baca Juga : Jelang Pilwali Makassar, Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar NasDem

Assistant Manager Perizinan dan Umum PLN UPP Sulawesi Selatan Udiyar Obet mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari pekerjaan pra konstruksi yang nantinya akan dilanjutkan dengan inventarisasi tanah, tanaman dan bangunan.

“Saat ini pekerjaan pembangunan SUTET 275 kV Wotu – Bungku merupakan salah satu PSN yang ada di Sulawesi. Saat ini sudah memasuki tahapan pra-konstruksi” katanya.

Ia berharap, bantuan dan sinergi dari Kejaksaan Negeri dan Pemkab Morowali untuk menyukseskan proyek yang nantinya akan menjadi tulang punggung (backbone) sistem kelistrikan yang menghubungkan Provinsi Sulsel dan Sulteng.

Baca Juga : Sukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Sulsel, Muhammad Fauzi Sumbang Hadiah Rp30 Juta

“Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan industri yang dilewati oleh jaringan secara bertahap serta melanjutkan proses pengadaan lahan. Sehingga pendampingan Kejaksaan dan pemerintah setempat sangat kami butuhkan,” terang Obet.

Kasi Datun Kejaksaan Negeri Morowali, Mugyadi mengapresiasi langkah PLN karena telah melaksanakan sosialisasi rencana pembangunan SUTET 275kV Wotu – Bungku yang merupakan PSN dalam wilayah kerjanya.

“Kejaksaan Negeri Morowali akan mendukung PLN dalam pembangunan PSN dalam hal pendampingan hukum. Hal ini juga merupakan bentuk pencegahan terhadap hal-hal yang nantinya dapat merugikan negara,” ungkapnya.

Baca Juga : Dekan FTI UMI: Tak Ada Perpisahan Lebih Mengharukan selain Pisah dari Bulan Ramadan

Di tempat yang sama Asisten II Bidang Administrasi, Ekonomi, Pembangunan dan SDA Pemkab Morowali Abd. Muttaqin Sonaru.

Ia mengungkapkan, Pemkab Morowali akan siap membantu dan mendukung kebutuhan PLN dalam menyelesaikan pekerjaan.

Lanjutnya, nantinya dengan selesainya pekerjaan ini kesediaan listrik di Kabupaten Morowali akan meningkat sehingga dapat menjadi daya tarik investor untuk membangun kawasan industri di Morowali.

Baca Juga : Di Hadapan Keluarga Besar, Andi Ina Izin Untuk Bertarung di Pilkada Barru

“Ini tentunya akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah,” tutup Muttaqin.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646