0%
logo header
Selasa, 07 Mei 2024 13:39

Pemkab Kukar Perkuat Pemberdayaan Nelayan, Manfaatkan Penyuluh Swadaya

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala DKP Kutai Kartanegara, Muslik, saat diwawancara awak media. (Istimewa)
Kepala DKP Kutai Kartanegara, Muslik, saat diwawancara awak media. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan para nelayan di wilayahnya. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan memperkuat program pemberdayaan kelompok nelayan.

“Program pemberdayaan ini merupakan fokus utama kami di tahun 2024,” tutur Kepala DKP Kukar, Muslik pada Selasa (07/05/2024).

Muslik menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para nelayan, sehingga mereka dapat menjadi lebih mandiri dan profesional dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga : Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

“Kami mendorong penumbuhan dan pengembangan kelompok nelayan, serta memberdayakan mereka melalui pendampingan dan pelatihan,” tambahnya.

Menyadari keterbatasan jumlah penyuluh Pegawai Negeri Sipil (PNS), DKP Kukar berinovasi dengan memanfaatkan penyuluh swadaya untuk membantu program pemberdayaan ini.

“Hal ini dilakukan karena jumlah penyuluh PNS yang terbatas,” katanya.

Baca Juga : Ribuan Warga Kukar Larut dalam Shalawat, Festival Islami Sukses Digelar

Selain program pemberdayaan, Pemkab Kukar melalui DKP juga telah memberikan bantuan yang cukup besar untuk perikanan tangkap dan perikanan budidaya di tahun ini.

“Kami berharap bantuan-bantuan itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para nelayan untuk meningkatkan produksi mereka,” harapnya.

Komitmen Pemkab Kukar dalam memberdayakan para nelayan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan mereka dan mendorong kemajuan sektor perikanan di Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646