0%
logo header
Kamis, 21 Maret 2024 11:34

Pemkab Kukar Siap Gelar 40 Event Sepanjang 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sejumlah event akan digelar di Kukar. Salah satunya wisata dari Muara Siran yang mirip-mirip dengan Raja Ampat Papua bila dilihat dari atas (dok. Kontributor)
Sejumlah event akan digelar di Kukar. Salah satunya wisata dari Muara Siran yang mirip-mirip dengan Raja Ampat Papua bila dilihat dari atas (dok. Kontributor)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menghelat 40 event sepanjang tahun ini. Kegiatan-kegiatan tersebut telah tercatat dalam Kalender Event 2024 Kukar. Bila tak lepas dari rencana akan berlangsung di seluruh penjuru Kukar, mulai dari wilayah tengah, hulu, hingga pesisir, melibatkan berbagai tingkatan administratif, dari kabupaten hingga desa dan kelurahan.

Dinas Pariwisata Kukar akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Kekraf Kukar, sektor bisnis, pelaku UMKM, serta seniman dan budayawan, untuk menjamin suksesnya event-event tersebut. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Kukar Kaya Festival, yang merupakan salah satu visi utama Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin, dan telah diintegrasikan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar untuk periode 2021-2026.

“Selama periode 2021-2026, kami akan menyelenggarakan 100 festival dan event. Kami juga berharap dapat menambah anggaran di APBD Perubahan jika diperlukan untuk memperkuat event di K3F,” ujar Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, pada Kamis (21/03/2024).

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Menurutnya, penyelenggaraan event dan festival ini selaras dengan tujuan pemerintah daerah dalam mengurangi kemiskinan dan memperkuat ekonomi rakyat.

“Kami berharap event-event ini akan meningkatkan jumlah wisatawan, mengisi homestay dan hotel, serta memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM dan seniman, baik lokal maupun dari ibu kota,” tambah Triyatma.

Dari 40 event yang terdaftar, beberapa di antaranya yang telah sukses diselenggarakan termasuk Peringatan Peristiwa Merah Putih, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, dan Festival Budaya Kutai Adat Lawas.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Dalam waktu dekat, Pemkab Kukar bersama Dispar Kukar akan menggelar serangkaian acara seperti KFBN, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, dan Tenggarong Kutai Carnival. “Beberapa event telah berlangsung, sementara yang lain masih dalam tahap persiapan,” tutup Triyatma. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646