0%
logo header
Selasa, 13 Februari 2024 20:16

Pemkot Parepare dan Forkopimda Hadiri Pemusnahan Surat Suara di KPU

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pemkot Parepare dan Forkopimda Hadiri Pemusnahan Surat Suara di KPU

PAREPARE – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali bersama Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Parepare menghadiri pemusnahan surat suara lebih dan rusak di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare, Selasa malam (13/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Akbar Ali mengatakan, pemusnahan ini merupakan bentuk nyata dari penyelenggara Pemilu memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

“Bagaimana pemerintah dan penyelenggara menyiapkan sarana yang fair untuk seluruh peserta, bahwa jangan sampai ada yang mengira-ngira kelebihan surat suara digunakan untuk hal lain. Hari ini surat suara berlebih kita musnahkan,” tegas Akbar Ali.

Baca Juga : Proses Coklit Selesai 100 Persen, KPU Parepare Tegaskan Rampung Sesuai Prosedur

Akbar Ali meminta agar pemusnahan harus disampaikan ke peserta Pemilu, baik perseorangan maupun parpol dan tim sukses.
“Ini harus sampai ke publik khususnya ke peserta Pemilu, bahwa Kota Parepare tidak ada kecurigaan terkait pelaksanaan pesta demokrasi,” pinta Akbar Ali.

Surat suara lebih dan rusak yang dimusnahkan ini berjumlah 10.285 lembar. Rinciannya, surat suara pasangan Calon Presiden dan Wapres 475 lembar, DPR RI 1.017 lembar, DPRD Provinsi 5.222 lembar, DPRD Kabupaten Kota 3.162 lembar, dan DPD 409 lembar.

Ketua KPU Parepare, Muhammad Awal Yanto mengungkapkan, sesuai aturan KPU harus memusnahkan surat suara yang lebih atau rusak.

Baca Juga : AHY Berikan Restu, Erat Bersalam Siap Bertarung di Pilwalkot Parepare 2024

“Sesuai aturan, KPU harus memusnahkan surat suara rusak atau lebih pada H-1 dengan disaksikan bapak ibu seluruh yang terkait dengan cara dibakar,” kata Awal Yanto.

Awal Yanto juga mengemukakan, bahwa hingga H-1 pencoblosan, distribusi logistik Pemilu sudah berjalan 99 persen, bahkan 100 persen sudah tiba di TPS. “Distribusi logistik juga sudah rampung dari PPS ke TPS hingga 100 persen pada saat ini,” ungkapnya.

Meski diakui sempat ada sedikit kendala, namun bisa diatasi dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Parepare, Bawaslu, dan TNI Polri. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646