0%
logo header
Jumat, 08 Maret 2024 15:28

Pemkot Parepare Gelar Orientasi Mubalig dan Mubaligah

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pemkot Parepare Gelar Orientasi Mubalig dan Mubaligah

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE —Penjabat Wali Kota Parepare yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dede Harirustaman menyampaikan sambutannya pada kegiatan orientasi mubalig yang dilaksanakan di kompleks Baruga Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, (8/3/2024).

Mubalig kata dia merupakan faktor penentu keberhasilan jalan dakwah ke jalan Allah yang mengibarkan panji-panji Islam dan mengupayakan sistem Islam dalam realitas kehidupan.

“Pemerintah mengakui peran mubalig sangat penting mengingat peran sosial yang diemban bukanlah mudah untuk dilaksanakan,” katanya.

Baca Juga : Proses Coklit Selesai 100 Persen, KPU Parepare Tegaskan Rampung Sesuai Prosedur

Pada era globalisasi masuknya berbagai budaya luar akan sangat mudah tanpa adanya penjaringan sebagai tugas mubalig untuk menjaga akhlak moral masyarakat.

“Partisipasi mubalig dalam masyarakat mestinya mempunyai efek yang membangun, yaitu berpikir, menulis dan berbicara masalah pembangunan dalam kerangka Islam dengan formula yang baru sesuai dengan konteks kekinian,” jelas Dede.

Fungsi mubalig dan mubaligah menurut dia adalah fungsi kebudayaan spiritual, kultur dan mentalitas.

Baca Juga : AHY Berikan Restu, Erat Bersalam Siap Bertarung di Pilwalkot Parepare 2024

“Perilaku masyarakat senantiasa berubah, karenanya mubalig dan mubaligah mesti melihat gejala-gejala sosial yang terjadi diera modern ini, agar masyarakat tetap berada pada koridor yang benar melalui pencerahan dakwah dan pembangunan spiritual,” terangnya.

Lebih lanjut, mantan Camat Soreang itu menambahkan bahwa pembangunan sosial yang ada senantiasa diperankan para mubalig yang dapat membangun peradaban masyarakat bangsa yang tangguh dalam menghadapi persoalan.

“Kami selaku pemerintah tetap mengajak kepada kita untuk senantiasa berkontribusi mendukung pelaksanaan pembangunan di kota yang kita cintai ini,” imbuh Dede

Baca Juga : Arief Rosyid: Saatnya Generasi Muda Memimpin Parepare

Ia juga berpesan kepada para mubalig untuk menyampaikan ceramah merujuk pada ketetapan pemerintah.

Sementara, Kepala Kementerian Agama Kota Parepare, Fitriadi menyampaikan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Agama tentang panduan pelaksanaan ibadah menyambut Bulan Suci Ramadan dan perayaan Idul Fitri.

“Ummat Islam diimbau untuk dapat memaksimalkan, zakat, infak dan sedekah untuk kesejahteraan Ummat. Kami rasa ini yang menjadi materi ceramah yang akan bapak/ibu sampaikan,” katanya.

Baca Juga : Turun Serahkan Bantuan, Kadis PPKB Parepare: Langkah Konkret Pemkot Atasi Stunting

Fitriadi juga berpesan agar memberikan ceramah ke masyarakat yang berhubungan dengan kamtibmas, pemilu, stunting, namun tetap menjunjung tinggi persatuan, toleransi dan tidak bermuatan politik praktis.

“Pemilu sudah usai, tetapi masih ada tahapan Pilkada, sehingga perlu disampaikan agar tidak ada politik praktis. Saya yakin dan percaya para mubalig dan mubaligah dapat menyampaikan dan pesan menjaga keamanan di kota kita,” tandasnya. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646